Home / Populer / Bangun RSU di Manggarai Timur, ini 4 komponen penting

Bangun RSU di Manggarai Timur, ini 4 komponen penting

Bagikan Halaman ini

Share Button

21

                                                                                                              ilustrasi

Moral-politik.com : Rencana pembangunan rumah sakit umum di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mesti dibangun lebih awal dan empat komponen mesti dibangun. Keempat komponen fisik tersebut adalah pembangunan gedung perawatan umum, gedung UGD, rawat jalan, dan rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur Phelipus Mantur mengatakan hal itu saat dikonfirmasi Moral-politik.com  di Gedung DPRD Matim, Jumat(17/1/2014).

Menurut Mantur, terkait dengan rencana pembangunan rumah sakit, pihaknya sudah melakukan beberapa proses seperti mengalokasikan anggaran untuk perencanaan dan pengawasan. Kemudian di tahun 2014 untuk rencana master plan dan analisis masalah dampak lingkungan (Amdal).

“Sementara untuk pembangunan fisik tetap kembali ke masalah persedian anggaran. Jika anggaran sudah alokasikan maka dinas siap mengeksekusi. Dalam pembangunan fisik sebuah rumah sakit, komponen fisik yang mesti dibangun terlebih dahulu antara lain, gedung rawat umum, gedung UGD, rawat jalan dan rawat inap. Kemudian disusul dengan ketersedian sumber daya manusia (SDM). Karena salah satu syarat untuk kelas atau tipe rumah sakit ditentukan oleh ketersedian SDM. “Minimal keempat tenaga spesialis harus ada yakni, dokter spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis kandungan. Jika keempat tenaga spesialis tersebut sudah tersedia maka rumah sakit masuk tipe C,” kata Mantur.

Menurut Mantur, lokasi pembangunan rumah sakit itu ada di Lehong dengan lahan yang tersedia lima hektar lebih. Penentuan lahan sudah dibuat dalam Surat Keputusan. (Satria)

Baca Juga :  DH 5 D mogok, Satpol PP dorong

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button