Home / Sains / Ben Harris : Khatulistiwa diselimuti materi gelap

Ben Harris : Khatulistiwa diselimuti materi gelap

Bagikan Halaman ini

Share Button

22

 

 

Moral-politik.com : Anda pasti menyangsikan hasil penelitian dan penelaahan dari Ben Harris, seorang ilmuwan dari University of Texas di Arlington.

Menurut dia, khatulistiwa Bumi mungkin diselimuti oleh materi gelap. Apa alasannya sehingga dia berpendapat seperti itu?

Katanya, gagasan tersebut berdasarkan analisis data yang dikumpulkan oleh satelit GLONASS, GPS, dan Galielo selama 9 bulan.

Selain itu, kata dia, data satelit itu, Bumi punya massa 0,005 hingga 0,008 lebih besar dari yang dinyatakan International Astronomical Union (IAU).

Harris seperti diberitakan New Scientist, lansir Kompas.com, Kamis (2/1/2014), mengatakan bahwa massa yang lebih besar itu bisa diterangkan oleh adanya materi gelap.

Dia menuturkan, kemungkinan ada piringan materi gelap dengan ketebalan 191.000 km dan diameter 70.000 km.

Materi gelap diduga menyusun 80 persen dari semesta. Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang materi gelap, termasuk distribusinya di Tata Surya.

Gagasan tentang adanya materi gelap di sekeliling Bumi juga pernah dilontarkan oleh Steve Adler dari Institute of Advance Studies di Princeton, New Jersey, pada tahun 2009.

Menurutnya, materi gelap bisa menerangkan mengapa wahana antariksa bisa bergerak dengan kecepatan di luar dugaan ketika meninggalkan Bumi.

Tentang kesimpulan massa Bumi yang sedikit lebih besar, Harris belum memperhitungkan faktor gangguan gravitasi Bulan dan Matahari serta relativitas yang mungkin memengaruhi satelit.

Harris mengungkapkan gagasannya dalam pertemuan tahunan di American Geophysical Union pada Desember 2013 lalu.

Baca Juga :  Soal SBY berkicau, bisnis pun berkilau...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button