Home / Sport / BPMPD Rote diingatkan tingkatkan pengawasan pengelolaan ADD

BPMPD Rote diingatkan tingkatkan pengawasan pengelolaan ADD

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

Moral-politik.com : Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) diingatkan agar serius dalam mengawasi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Tahun Anggaran 2014.

Permintaan itu disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rote Ndao, Frans Nitnael Mooy kepada wartawan di gedung DPRD Kabupaten Rote Ndao, Selasa (28/1/2014).

Sebab, menurut dia, pengelolaan dana ADD di Kabupaten Rote Ndao selama beberapa tahun terakhir, sarat penyimpangan. Bahkan, kata dia, banyak pengelola dana tersebut harus berakhir dengan persoalan hukum.

Menghindari terjadinya persoalan yang sama,pemerintah diharapkannya untuk mengevaluasi setiap item pekerjaan yang dibiayai menggunakan dana itu di tingkat desa, sehingga pemanfaatan dana tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat kecil.

Frans menyarankan, BPMPD agar melakukan pengontrolan secara rutin atas penggunaan dana itu. Sebab, menurutnya, informasi yang diperoleh pihaknya menunjukkan banyak Kepala Dinas maupun BPD mengelola dana itu secara sepihak tanpa memperhatikan partisipasi warga.

Pengelolaan yang tidak transparan tersebut, kata Frans, acap kali menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat. Bahkan, lanjutnya, tak jarang warga melaporkan penggunaan ADD ke ranah hokum.

“Dalam pengelolaan ADD, seharusnya dilakukan secara transparan dan diketahui oleh masyarakat dan pertangungjawabnya juga dilakukan secara transparan, sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan jelas. Saya berkeyakinan, kalau sejak awal dilakukan secara transparan maka tidak akan timbulkan masalah,” ujarnya.

Sementara itu, para kepala desa di Kabupaten Rote Ndao juga diharapkannya supaya memanfaatkan dana itu berdasarkan perencanaan yang jelas dan melibatkan masyarakat. Menurutnya, hal itu dimaksudkan agar dana yang dikelola tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat. (lima)

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Natal, Polisi Operasi Miras

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button