Home / Populer / BPPT telah meredistribusi curah hujan tapi belum maksimal

BPPT telah meredistribusi curah hujan tapi belum maksimal

Bagikan Halaman ini

Share Button

13

 

 

Jakarta, Moral-politik.com : Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Heru Widodo menyatakan, BPPT bersama BNPB dan Pemprov DKI Jakarta sudah menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna meredistribusi curah hujan di Jakarta sebanyak sembilan kali.

Hal tersebut ia sampaikan pada jumpa pers yang diadakan pada Senin (20/1/14) siang di ruang audio visual BPPT, Gedung BPPT 2, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“(TMC) Telah dilaksanakan dari tanggal 14-19 Januari. Hingga saat ini sudah sembilan kali penyemaian dengan menggunakan pesawat Hercules A-1328. Bahan semainya NaCl dan sudah dipakai sejumlah 32.280 kilogram,” papar Heru.

Penyemaian NaCl powder atau bubuk garam tersebut, kata dia, dilakukan di daerah sekitaran teluk Pelabuhan Ratu, Pandeglang, Ujung Kulon dan Selat Sunda.

Lewat TMC yang telah dilakukan, Heru mengklaim, telah mengurangi jumlah curah hujan sekitar 22,27%. Namun ia berkata bila sebenarnya hal tersebut belum maksimal, sebab pada tahun 2013 dengan TMC bisa mereduksi jumlah curah hujan hingga 34% lebih.

“Ketidakmaksimalan penerapan TMC pada tahun 2014 ini dikarenakan kurangnya sumber daya pesawat,” tukas dia.

Heru mengungkapkan, pada tahun ini penerapan TMC hanya menggunakan satu pesawat berbeda pada tahun 2013 yang memakai tiga pesawat. (Ganang)

Baca Juga :  DPR: Tanpa Ada Raperda, Reklamasi Teluk Jakarta Ilegal

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button