Home / Sport / Bupati TTU diminta perhatikan nasib guru komite

Bupati TTU diminta perhatikan nasib guru komite

Bagikan Halaman ini

Share Button

Guru

 

 

Moral politik.com : Nasib guru honor komite di Kabupaten Timor Tengah Utara hingga kini sangat memprihatinkan. Kendati sudah lama mengabdi bahkan jam mengajarnya lebih padat dibandingkan dengan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), tapi sayang upahnya sangat memprihatinkan.

Keluhan para guru itu disampaikan kepada Bupati TTU, Raymundus Fernandes dalam dialog usai apel kesadaran setiap tanggal 17 dalam bulan yang  berlangsungnya  di Kelurahan Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Senin (20/1/2014).

Pada kesempatan dialog itu, para guru meminta Bupati Ray untuk memperhatikan nasib guru tenaga komite sehingga statusnya kalau bisa ditingkatkan menjadi tenaga kontrak daerah. Rupanya, pengeluhan itu disampaikan kepada orang nomor wahid di TTU lantaran selama ini upah honor guru komite sangat memprihatinkan.

Para guru komite kendati mengabdi di sekolah terpencil dipelosok perkampungan tapi kesejahteraannya tidak ditunjangi jam mengajarnya.  Setiap bulan upahnya dihargai Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu, itu pun direalisasikan setiap triwulan bahkan ada yang mengabdi “pordeo” hanya karena semangat kecintaannya sebagai guru.

Menanggapi pengeluhan para guru, Bupati Ray mengaku akan memperhatikan nasib guru komite, walaupun belum diangkat menjadi PNS tapi nasibnya dipertimbangkan untuk diangkat sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TTU.

Bupati Ray menambahkan, tentunya penentuan guru PTT yang dibiayai daerah akan diproses sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Ada tim yang dibentuk untuk melakukan verivikasi sesuai kebutuhan disetiap sekolah, sehingga biaya yang dianggarkan tepat sasaran.

Hal lain dalam dialog itu, warga setempat juga meminta untuk memperhatikan infrastuktur jalan raya, karena kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan sudah bertahun-tahun statusnya masih jalan tanah.

Baca Juga :  Angkot Menaikan Tarif Tak Sesuai Aturan

Menanggapi permintaan warga, Bupati Ray menjelaskan infrakstuktur  jalan sudah direncanakan sebelumnya untuk diperbaiki, namun Bupati Ray tidak menjanjikan kapan direalisasikannya. Ruas jalan daerah itu  diperbaiki untuk menghubungkan akses jalan menuju Tublopo,  ibu kota kecamatan Bikomi Selatan, termasuk lima desa yang selama ini terisolir. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button