Home / Populer / Bus Pariwisata Jokowi didanai APBD DKI Jakarta

Bus Pariwisata Jokowi didanai APBD DKI Jakarta

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

Jakarta, Moral-politik.com: Lima bus tingkat pariwisata yang pada Kamis (16/1/14) siang ini diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat ternyata biaya operasionalnya akan diambilkan dari APBD DKI Jakarta. Dana yang dipakainya pun tergolong besar yaitu sekitar Rp 4,5 miliar per tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budiman di Balai Kota Jakarta, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (14/1/14).

Menurutnya anggaran Rp 4,5 miliar tersebut akan dipakai untuk biaya perawatan bus dan biaya tenaga kerja atau gaji karyawan.

“Sekitar Rp 4,5 miliar untuk lima bus setahun, dari APBD. Itu untuk maintenance dan biaya awak,” ujarnya.

Ia juga memaparkan bahwa bus tingkat pariwisata tersebut akan digunakan untuk mengantarkan para wisatawan ke berbagai lokasi wisata yang ada di Jakarta. Mengenai rute yang akan dilalui oleh bus tersebut Arie menerangkan bila penentuan rute tidak dilakukan hanya oleh Pemprov DKI sendiri namun dengan melibatkan pelaku industri pariwisata di DKI. Rute ditetapkan setelah diadakannya rapat bersama antara pengusaha dengan para pengusaha tour and travel di Jakarta.

Mengenai usul banyak pihak untuk diadakannya fasilitas free wifi atau jaringan internet gratis tanpa kabel Arie mengatakan bahwa hal tersebut masih dipertimbangkan sebab tujuan diadakannya bus tersebut adalah mengajak para wisatawan untuk melihat-lihat pemandangan di Jakarta.

“Ada yang menganjurkan untuk ada wifi-nya. Tapi masih dikaji karna mereka kan naik untuk menikmati pemandangan,” ujar Arie.

Bus tingkat pariwisata ini rencananya akan mengantar para wisatawan baik lokal maupun wisatawan internasional ke objek-objek wisata yang terdapat di DKI Jakarta secara gratis. Bus ini pun nantinya juga hanya akan berhenti di lokasi-lokasi tertentu untuk mengangkut dan menurunkan penumpangnya. Lama berhentinya pun akan dibatasi yaitu sekitar tiga menit. (Ganang)

Baca Juga :  Rizal Ramli Kritik Kebijakan Ahok soal Penggusuran

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button