Home / Populer / Gelombang 3 meter, 17 rute pelayaran di NTT ditutup

Gelombang 3 meter, 17 rute pelayaran di NTT ditutup

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

 
Moral-politik.com :  Pelayan untuk seluruh Nusa Tenggara Timur ditutup PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang sejak  Senin (13/1/2014), menyusul angin kencang dan gelombang tinggi di perairan.

Gelombang di perairan diperkirakan mencapai 2-3 meter dan kecepatan angin berkisar  dari 15-45 kilometer per jam.

Gelombang tinggi mengakibatkan Kapal Motor (KM) Cucut milik ASDP nyaris tenggelam saat melintasi Selat Ombai antara Pulau Alor dan Timor, pada Minggu (12/1/2014) malam. Kapal tersebut akhirnya selamat setelah memutar haluan kembali ke Alor.

“Kami  memilih menutup sementara pelayaran ke semua lintasan karena cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar,” kata  Hermin Welkis,  Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry Kupang kepada wartawan, Senin (13/1/2014).

Pelayaran yang ditutup tersebut meliputi 17 rute ke seluruh wilayah NTT antara lain Kupang-Rote, Kupang-Aimere, Kupang-Sabu, Kupang-Alor, dan Kupang-Lembata.

ASDP tidak mau, kata dia,  mengambil risiko mengoperasikan kapal saat cuaca buruk karena berbahaya bagi keselamatan.

“Sesuai laporan BMKG, cuaca buruk yang melanda perairan NTT akan berlangsung hingga tiga hari. Pelayaran akan kami buka kembali setelah ada pemberitahuan lebih lanjut dari BMKG,” ucapnya.

Syaiful Hadi,  Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG El Tari Kupang mengatakan, gelombang ketinggian disertai angin berbahaya bagi perahu nelayan, tongkang dan kapal feri.

“Gelombang tinggi berpeluang terjadi di Selat Ombai, Laut Sawu bagian timur, perairan Kupang hingga Rote, Samudera Hindia selatan NTT, Laut Timor, dan Laut Flores. BMKG juga mengingkatkan bibit siklon tropis dengan tekanan udara minimum 1010 mb terbentuk di laut Arafura sekitar 9.9 lintang selatan 133.1 bujur timur, pada jarak 471 km sebelah selatan Banda, dan bergerak ke arah barat daya,” terang dia.  (richo)

Baca Juga :  Ahok klarifikasi soal posisi Jokowi sesuai SK Presiden

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button