Home / Populer / Hatta Rajasa : Bencana banjir picu naiknya harga cabe

Hatta Rajasa : Bencana banjir picu naiknya harga cabe

Bagikan Halaman ini

Share Button

12

 

 

Moral-politik.com : Bencana banjir bukan saja mendampak terhadap jatuhnya korban jiwa, penyebaran wabah penyakit, kerugian material dan psikis, tapi mempengaruhi harga barang.

Dapat diprediksi bahwa bencana banjir bakal memicu kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat. Tak terkecuali cabai.

“(Karena) bencana banjir mengganggu arus distribusi bahan pangan dalam maupun antardaerah,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, di gedung BPPT, Jakarta, Minggu (26/1/2014).

Cabai, lansir Kompas.com, sebut Hatta, diperkirakan menjadi komoditas yang mengalami kenaikan harga signifikan sebagai dampak banjir yang merata ini. “Baik cabai merah maupun cabai rawit,” ujar dia. Berikutnya, lanjut dia, adalah daging ayam dan daging sapi.

Adapun untuk beras, Hatta berkeyakinan harganya tak akan naik. Pasokan beras di berbagai daerah, sebut dia, terbilang lancar dan mencukupi. Namun dia mengatakan sampai Minggu malam belum ada laporan detail dari Kementerian Pertanian terkait barang pangan yang harganya diperkirakan bakal melambung.

“Kalau ternyata banyak pasokan yang kurang dan tidak bisa disuplai dari dalam negeri, harus impor,” tandasnya. (erny)

Baca Juga :  Pimpinan 3 Konfederasi Buruh mulai retak

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button