Home / Populer / Impor BBM bikin neraca perdagangan defisit

Impor BBM bikin neraca perdagangan defisit

Bagikan Halaman ini

Share Button

9

 

 

 

Moral-politik.com : Neraca perdagangan menjelang akhir tahun 2013 kembali mengalami surplus. Neraca perdagangan bulan November 2013 surplus USD 0,78 miliar dan merupakan terbesar sepanjang tahun 2013. Hal ini terjadi karena Indonesia mengalami surplus neraca nonmigas sebesar USD 1,97 miliar dan defisit sebesar USD 1,19 miliar di sektor migas.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wiryawan pada konfrensi pers yang diadakan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/13).

Dalam kesempatan tersebut Gita juga menjelaskan, neraca perdagangan di sektor migas Indonesia selalu saja mengalami defisit karena Indonesia terlalu banyak mengimpor migas khususnya bahan bakar minyak.

“Kita defisit di neraca migas karena terlalu banyak impor migas,” ucap Gita.

Hal tersebutlah yang membuat neraca perdagangan Indonesia sepanjang tahun 2013 (Januari – November) mengalami defisit USD 5,60 miliar, terdiri dari surplus nonmigas sebesar USD 6,23 miliar, sementara neraca migas defisit USD 11,83 miliar.

Terakhir Gita menyampaikan, walaupun mengalami defisit, namun ada kabar menggembirakan karena kinerja ekspor nonmigas selalu tumbuh dari tahun ke tahun.

“Ekspor nonmigas ini menunjukkan bahwa berkembangnya industrialisasi di Indonesia dan ini harus didorong baik hulu dan hilirnya,” tambah Gita.

Baca Juga :  Ingin bangun 1.000 Megawatt Listrik di Papua, Investor Jepang minta dukungan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button