Home / Populer / Ini 3 konsep operasi penanganan banjir di Jakarta

Ini 3 konsep operasi penanganan banjir di Jakarta

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

 

Jakarta, Moral-politik.com : Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Bambang Musyawardana mengatakan, pada petang ini jumlah pengungsi berkurang yang pada pagi hari tadi mencapai sekitar 5 ribu orang, petang ini tersisa 1.800 orang.

Hal tersebut disampaikannya pada konfrensi pers yang digelar oleh BPBD DKI Jakarta di kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (13/1/14).

Terkait dengan  pertanyaan seputar konsep operasi penanganan banjir di DKI Jakarta, Bambang memaparkan kepada wartawan tiga konsep operasi dalam penanganan banjir di DKI Jakarta.

Pertama, pengelolaan dan manajemen pintu air harus baik dan dispilin, bila tidak baik dan disiplin maka akan ada kebocoran.

Kedua, penanganan pengungsi pun harus dikelola dan dikoordinasikan dengan baik. Sebab penanganan pengungsi melibatkan banyak pihak yang antara lain TNI, Polri, BPBD, dan pemprov DKI. Ia pun tak lupa mengingatkan kepada pihak terkait mengenai pasokan makanan, pakaian dan kebutuhan para pengungsi lainnya untuk diperhatikan juga.

Ketiga mengenai rekayasa cuaca yang baru saja disepakati oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Ia mengatakn bahwa rekayasa cuaca ini paling tidak dapat mengurangi dampak banjir. Sebab dengan rekayasa cuaca ini curah hujan yang akan terjadi bisa dimodifikasi menjadi lebih bersahabat.

“Pengendalian cuacanya yang dilakukan upaya teknologi modifikasi cuaca agar curah hujan bersahabat, paling tidak curah hujan bisa didistribusikan tanpa merugikan pihak-pihak yang lain,” pungkasnya. (Ganang)

Baca Juga :  Wao, Jaksa di NTT Ini Ditangkap dan Dijadikan Tersangka!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button