Home / Sport / Januari 2014, bulannya mantan Kakanwil Agama NTT

Januari 2014, bulannya mantan Kakanwil Agama NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

 

Moral-politik.com : Bulan Januari 2014 merupakan bulannya  Fransiskus Sega, mantan Kakanwil Agama NTT, tersangka dalam kasus dugaan korupsi perjalanan dinas fiktif pada Kanwil Agama NTT, karena akan ditahan pada Januari 2014.

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT Ridwan Angsar kepada Moral-politik.com, Senin (6/1/2014) mengatakan, Kejati NTT akan menahan Fransiskus Sega pada Januari 2014 ini.

Penahanan, kata dia, terhadap tersangka mantan Kakanwil Agama NTT itu telah direncanakan sebelum liburan Natal dan tahun baru 2014. Penahanan yang dilakukan atas perintah Kajati NTT, Mangihut Sinaga.

“Kejati NTT akan menahan Fransiskus Sega, mantan Kakanwil Agama NTT pada Januari 2014 mendatang, “ terangnya.
Selain itu, kata dia, Fransiskus Sega juga akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus itu, untuk melengkapi berkas kasus itu sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi dana operasional Kanwil Kemenag NTT tahun anggaran 2010 mulai mencuat setelah adanya informasi penyimpangan pengelolaan dana senilai Rp 46 miliar.

Penyimpangan itu salah satunya adanya pertanggung jawaban fiktif penggunaan dana itu dengan membuat kegiatan fiktif di beberapa tempat di NTT.

Setelah mendapat informasi itu, tim Kejati NTT mulai menyelidiki kasus ini akhir tahun 2012. Dari gelar ekspos jaksa awal Maret 2013, tim penyidik Kejati NTT menetapkan  tiga tersangka, yakni Sebastianus Balu  selaku Pembantu Bendahara Pengeluaran dan dua pelaksana tugas Kepala Seksi Bidang Agama Katolik, Herman Mada serta Damianus Wae.

Pertengahan Oktober 2013, penyidik menetapkan Maria Lina selaku staf Kanwil Kemenag NTT, sebagai tersangka baru kasus dugaan korupsi di kantor itu dengan kerugian negara mencapai Rp 1,2 miliar.

Maria menjadi tersangka lantaran perannya menerima uang hasil korupsi senilai ratusan juta dan memalsukan bukti pertanggungjawaban penggunaannya.

Baca Juga :  Kota Kupang dilanda angin kencang, banyak pohon tumbang

Dua bulan kemudian, tepatnya di ujung akhir tahun 2013, Kajati NTT menetapkan mantan Kakanwil Kemenag NTT, Frans Sega sebagai tersangka  utama dan tersangka terakhir dalam kasus ini. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button