Home / Populer / Jokowi berhati-hati menyikapi penolakan 200 truk sampah oleh DPRD

Jokowi berhati-hati menyikapi penolakan 200 truk sampah oleh DPRD

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

 

Moral-politik.com : Persoalan sampah yang membludak di DKI Jakarta butuh penyesuaian sarana dan prasarana pemecahannya. Sebab sudah terbukti bahwa salah satu penyebab banjir Jakarta adalah pola hidup warga yang membuang sampah secara serampangan.

Dalam kerangka membedah problematik sampah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengajukan usul anggaran kepada DPRD. Lalu apakah usul tersebut ditanggapi secara positif?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dihubungi Kompas.com menuturkan, pihak eksekutif menganggarkan dana untuk pengadaan 200 unit truk sampah. Namun, jumlah tersebut ditolak oleh DPRD DKI Jakarta.

Lalu kemudian, pa komentar penggagas ide pengadaan truk sampah?

3

Ditemui di rumah dinasnya, Jumat (31/1/2014) siang, Jokowi tampak berhati-hati mengeluarkan pernyataannya. Ia tidak mau disebut menyayangkan keputusan DPRD, Jokowi juga tak mau mempertanyakan atau mendesak DPRD untuk merealisasikanya.

“Ya mau gimana. Kan kita yang mengajukan 200 itu. Tapi kan hak budget memang ada di Dewan. Ya sudah toh,”ujar Jokowi.

Di sisi lain Jokowi hanya mengatakan, melalui APBD 2013 lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mendatangkan 92 unit truk sampah baru. Menurutnya, jumlah tersebut sebenarnya masih jauh dari ideal jumlah truk sampah di Jakarta, yakni 400 unit.

“Kan kemarin ada 92 baru datang. Kita harusnya 400. Nah dengan 200 yang rencananya itu sebenarnya mau menambah, tapi ya bagaimana lagi. Hak budgeting di mereka,” lanjut Jokowi.

4

Jokowi pun memilih untuk mengoptimalkan truk sampah yang telah ada saat ini sambil menunggu pengadaan truk sampah baru pada APBD Perubahan 2014 di akhir tahun atau penyusunan APBD 2015 mendatang.

Semoga pada perubahan anggaran nanti DPRD DKI dapat merestuinya, sebab ketika itu sudah selesai pesta demokrasi Pancasila : Pileg dan Pilcapres. (erny)

Baca Juga :  Apa saja tantangan Kabinet Jokowi-JK?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button