Home / Populer / Jokowi : Konsep Sodetan itu dari Kementerian PU

Jokowi : Konsep Sodetan itu dari Kementerian PU

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

 

Moral-politik.com : Kiranya penjelasan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjadi jelas bagi sidang pembaca yang terhormat.

Selama ini yang ada dalam benak kita bahwa konsep sodetan itu datangnya dari Jokowi. Sesungguhnya Jokowi hanya mengangkat konsep dari kementerian PU.

Rencana pembangunan sodetan Ciliwung-Cisadane itu sendiri telah ditetapkan sepanjang 1,9 kilometer oleh Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), termasuk pembangunan Waduk Ciawi dan Sukamahi.

Oleh karenanya, Jokowi menegaskan dirinya bukan yang memutuskan perencanaan tersebut. Dirinya juga menegaskan tidak pernah ngotot untuk memaksakan pembuatan sodetan tersebut.

“Yang ngotot siapa, kita enggak ngotot. Kita itu menanyakan ke Kementerian PU, dulu ada rencana Waduk Ciawi, Sukamahi. Ada juga rencana sodetan dari Ciliwung ke Cisadane. (Itu yang) Kita tanyakan sehingga kita rapatkan pada saat itu,” kata Jokowi, di Inspektorat Kota Tangerang, Sabtu (25/1/2014), lansir Kompas.com.

Menurut Jokowi, rapat tersebut akhirnya memutuskan untuk melakukan pengerjaan waduk tersebut, dimulai pada tahun ini. Adapun pengerjaan sodetan, keputusannya berada di kewenangan Kemen PU.

Jokowi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta hanya membuka rencana-rencana yang sudah ada baik itu di birokrasi sendiri, atapun di Kemen PU.

“Bukan tiba-tiba, ya saya mesti buka-buka rencana-rencana semuanya dong. Baik yang ada di DKI maupun di Kementerian PU. Dan yang sudah diputuskan, karena enggak ada masalah, waduknya (Ciawi Sukamahi) yang akan kita mulai tahun ini,” ujar Jokowi.

Upaya itu dilakukan Jokowi agar masalah banjir dapat dicarikan solusinya. Dengan membuka rencana yang ada, Jokowi berharap dapat mencari cara mengatasi banjir sampai pada akar permasalahnnya.

“Kita pinginnya itu menyelesaikan akar masalahnya. Bukan tiap tahun kita bagi-bagi sembako, tiap tahun di rumah-rumah bagi-bagi sembako. Enggak menyelesaikan masalah itu. Akar masalahnya yang (harus) diselesaikan, itu aja,” tutur Jokowi.

Baca Juga :  Arzeti 'Open' soal Perasaannya dengan Dandim Sidoarjo...

Dengan klarifikasi ini kiranya menjadi jelas…. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button