Home / Sains / Kaca Helm lindungi tentara dari cedera otak (1)

Kaca Helm lindungi tentara dari cedera otak (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

8

 

 

 

Moral-politik.com : Saat berkendara menggunakan sepeda motor, kita harus mengenakan helm.

Hal ini dimaksudkan untuk melindungi kepala kita baik dari kecelakaan maupun dari terpaan angin jika kita melaju dengan kecepatan tinggi, melindungi wajah dari debu, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan fungsinya helm merupakan alat pelindung bagi kepala saat berkendara. Dalam dunia kemiliteran juga mengenal yang namanya helm atau pelindung kepala.

Helm militer yang digunakan saat ini masih memberikan akses bagi daya ledakan untuk melakukan penetrasi melalui wajah.

Menambahkan kaca helm pada helm standar militer, bisa membantu melindungi tentara dari cedera otak.

Penelitian baru yang memodelkan bagaimana gelombang kejut (shock wave) melewati kepala menemukan bahwa penambahan pelindung wajah bisa membelokkan porsi substansial ledakan yang jika tanpa pelindung tersebut akan dengan mulus menjangkau otak, lansir sainspop.blogspot.com.
.
Studi ini merupakan bagian dari sejumlah besar penelitian baru untuk menghentikan cedera otak traumatis.

Diperkirakan 1,5 juta orang Amerika menderita cedera otak traumatis ringan setiap tahun, dan hampir 200.000 anggota tentara terdiagnosa menderita cedera tersebut sejak tahun 2000, menurut Armed Forces Health Surveillance Center di Silver Spring, Maryland.

Walaupun tubrukan langsung seperti membenturkan kepala jelas-jelas dapat mencederai otak, daya yang berlangsung ketika bahan peledak mengirimkan gelombang kejut melalui kepala lebih sulit untuk dikarakterisasikan. (bersambung)

Baca Juga :  BW ungkap dugaan korupsi yang dilakukan Ahok

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button