Home / Sport / Kades diminta proaktif laporkan kejadian bencana

Kades diminta proaktif laporkan kejadian bencana

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20140121-01077

 

 

Moral-politik.com : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Timur Fransiskus Sinta mengharapkan, seluruh kepala desa agar proaktif memantau sekaligus melaporkan setiap kejadian bencana di wilayah masing-masing. Hal itu perlu dilakukan agar semua kejadian bencana bisa diketahui secara cepat oleh BPBD dan bisa ditangani secara cepat pula.

Menurut Fransiskus, yang mengetahui secara baik setiap kejadian bencana di wilayah desa adalah pemerintah desa. Untuk itu, kepala desa mesti proaktif melaporkan segera kepada BPBD tentang peristiwa bencana, kemudian BPBD akan melakukan koordinasi dengan instansi teknis.

“Proaktif¬† kepala desa sangat kami butuhkan, karena mereka yang tahu persis di lapangan. Data yang mereka sampaikan itu kami input lalu kami koordinasi dengan beberapa instansi terkait,” kata Fransiskus kepada Moral-politik.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/1/2014).

Menurut Fransiskus, selama tahun 2014 ada beberapa peristiwa bencana baik, banjir, longsor maupun angin topan. Namun belum ada korban jiwa akibat bencana. Beberapa titik yang didata oleh BPBD antara lain, areal persawahan terendam banjir di Wae Reca, Tanah Longsor di Desa Golo Wune, Jalan putus di ruas jalan Kembur-Metuk, jalan putus di ruas Jalan Watu Nggong-Pota. Kemudian, lahan sawah yang terancam kering akibat tidak hujan terdapat di Ritapada, Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba.

Menurut Fransiskus, peta bencana di Matim hampir terjadi di sembilan kecamatan. Untuk bencana banjir, daerah yang diwaspadi adalah Kecamatan Borong, Rana Mese dan Lambaleda, sementara bencana longsor hampir di setiap kecamatan. Untuk bencana banjir dan juga longsor di Matim tahun 2014 belum ada korban jiwa. Sasarannya adalah areal petanian yang rusak. (satria)

Baca Juga :  Lulusan NCIPS & Sin Piter School Pasti Diterima di Fakultas Kedokteran

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button