Home / Sport / Kades ini diduga gelapkan motor dinas

Kades ini diduga gelapkan motor dinas

Bagikan Halaman ini

Share Button

14

ilustrasi

 
Moral-politik.com  : Pejabat Kepala Desa Daudolu, Kecamatan Rote Barat Laut, Pendeta Arfons Lau, SE diduga gelapkan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat  dengan Nomor polisi DH 4363 GA yang pembeliannya menggunakan dana ADD Desa Daudolu tahun anggaran 2009 senilai Rp16 juta.

Hal ini diungkapkan Ketua Badan Perwakilan Desa Daudolu, Onimus Ledoh saat ditemui wartawan di Ba’a, Selasa (7/1).

Menurutnya, sesuai hasil keputusan Kepala Desa Daudolu dan BPD tahun 2011 lalu tentang pengalokasian dana ADD, dilakukan pengadaan satu unit sepeda motor untuk Desa Daudolu untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

“Berdasar kesepakatan itu, pembelian sepeda motor  tersebut ditangani Kepala Desa,” katanya.

Ledoh menjelaskan, seharusnya sepeda motor tersebut berplat merah karena pembeliannya menggunakan uang negara.

“Saya mengetahui sepeda motor itu berplat warna hitam saat masyarakat Dusun Ndau melakukan aksi demo  di Kejaksaan Negeri Rote Ndao terkait dugaan penyelewengan pengelolaan dana ADD Tahun 2009 Desa Daudolu yang di tangani pihak Kejaksaan. Saat itulah saya diberitahu oleh warga bahwa motor yang dibeli dengan dana ADD berplat warna hitam,” ungkapnya, seraya menambahkan,” ketika saya mengetahui sepeda motor tersebut berplat warna hitam, saya langsung bertemu dengan Kepala Desa dan memberikan saran sebaiknya di catat dalam buku register Desa, supaya jadi aset desa.”

Terhadap persoalan itu, mantan Kepala Bagian Pemdes Kabupaten Rote Ndao, Kristian Paulus Manubulu  yang dikonfirmasi wartawan pertelepon mengatakan, sesuai kebijakan saat itu kendaraan yang dibeli menggunakan dana ADD seharusnya berplat warna merah karena ADD bersumber dari APBD.

“Kalau ada Kades yang beli motor dengan dana ADD tapi berplat hitam, itu melanggar juknis pengelolaan keuangan Daerah,” tandasnya. (lima)

Baca Juga :  Polres Ende Dalami Penyebab Kebakaran Pasar Potulando

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button