Home / Sport / Kapal pengangkut BBM nyaris tenggelam di Pukuafu

Kapal pengangkut BBM nyaris tenggelam di Pukuafu

Bagikan Halaman ini

Share Button

33ilustrasi

 

 

Moral-politik.com : Perahu Motor Bukit Siam yang mengangkut 14 ton bahan bakar minyak (BBM), nyaris tenggelam di Selat Pukuafu antara Pulau Rote dan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat diterjang gelombang tinggi dan angin kencang.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa karena seluruh Anak Buah Kapal (ABK) yang berjumlah lima orang berhasil diselamatkan tim penolong dari Badan SAR Kupang.

Kepala Badan SAR Kupang, I Gede Ardana kepada Moral-politik.com, Senin (27/1/2014) mengatakan peristiwa itu di ketahui oleh Badan SAR Kupang atas laporan masyarakat.

“Badan SAR Kupang dapat laporan dari masyararakat dan langsung menuju lokasi. Beruntung mereka masih terapung-apung sehingga langsung diselamatkan,” katanya.

Musibah itu, kata dia,  terjadi Minggu (26/1/2014). Seluruh ABK dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis. Adapun BBM yang dikemas dalam 75 drum plastik tersebut dibuang ke laut untuk menyelamatkan perahu yang kemasukan air.

Sedangkan perahu yang juga berhasil diselamatkan, lanjutnya, sudah ditarik oleh kapal lainnya ke Pelabuhan Hansisi di Pulau Semau. Perahu diterjang gelombang sekitar tiga meter yang membuat badan perahu bocor. Para ABK kemudian menghubungi keluarga mereka di Kupang lewat telepon sebelum disampaikan ke SAR. Selama menunggu tim penolong, mereka berpegangan pada drum dan tiang perahu.

Perahu tersebut nekat berlayar, padahal BMKG El Tari Kupang telah mengeluarkan larangan sejak pekan lalu agar seluruh armada berhenti operasi menyusul cuaca buruk di perairan.

Peringatan itu mengakibatkan armada milik PT ASDP Cabang Kupang berhenti operasi sejak 13 Januari lalu. Hingga saat ini pelayaran antarpulau di Nusa Tenggara Timur masih lumpuh.  (richo)

Baca Juga :  Ini Bantahan Istri Mendiang Jefry Soal Telah Menikah Lagi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button