Home / Sains / Katak bisa meramal Gempa Bumi dan aktifitas Seismik (1)

Katak bisa meramal Gempa Bumi dan aktifitas Seismik (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

Moral-politik.com : Membaca judul artikel ini, mungkin membuat Anda merasa aneh dan atau bahkan bertanya-tanya, masak sih iya, hewan dapat meramal? Anda mungkin bisa saja tidak percaya.

Namun hal ini berdasarkan kajian ilmiah dari para ilmuan yang melakukan penelitian tentang hal tersebut. Bahwa ternyata katak tak hanya merindukan bulan saja tapi bisa juga meramal.

Buktinya datang dari populasi katak yang meninggalkan koloni tempat mereka berkembang biak tiga hari sebelum gempa bumi yang melanda L’Aquila di Italia pada tahun 2009. Bagaimana katak merasakan gempa belumlah jelas, namun kebanyakan induk dan jantan melarikan diri.

Mereka bereaksi walaupun koloni mereka berada 74km dari episentrum gempa, kata ilmuwan biologi di Majalah Ilmiah Hewan. Lansir sainspop.blogspot.com, sulit untuk secara objektif dan terukur mempelajari bagaimana para hewan berespon terhadap aktifitas seismik, sebagian dikarenakan gempa bumi jarang terjadi dan tak dapat diprediksi.

Beberapa penelitian telah dilakukan tentang bagaimana para binatang piaraan merespon, tapi mengukur respon hewan liar lebih sulit. Bahkan mereka yang diketahui bereaksi, seperti ikan, hewan pengerat dan ular cenderung melakukannya sesaat sebelum gempa bumi terjadi, daripada beberapa hari sebelum kejadian.

Namun, ilmuwan biologi DR. Rachel Grant dari Universitas Terbuka Milton Keynes, Inggris, secara rutin mempelajari perilaku berbagai koloni katak setiap hari di Italia pada waktu sebelum gempa bumi besar terjadi. Studinya mencakup 29 hari pengumpulan data sebelum, selama dan sesudah gempa bumi yang melanda Italia pada 6 April 2009. Gempa berkekuatan 6.3 menghantam dekat kota L’Aquila, sekitar 95km timur laut Roma. (ale)

bersambung…

Baca Juga :  Ingin jadi dosen? Menteri PANRB buka lowongan CPNS

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button