Home / Sport / Kelurahan di Kota Kupang dapat Program Water Hibah

Kelurahan di Kota Kupang dapat Program Water Hibah

Bagikan Halaman ini

Share Button

16

 

 

Moral-politik.com : Menunjang pelaksanaan pelayanan air bersih bagi masyarakat kurang mampu di Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang lewat  Perusahaan Daerah Air Mminum (PDAM)  Kota Kupang dalam tahun 2014 akan meluncurkan program water hibah bagi masyarakat. Program ini lebih ditujukan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Kupang.

“Program  water hibah ini kami mendapat dukungan dana dari APBD sebesar Rp 2 milliar, yang nantinya akan diganti oleh Pemerintah Pusat setelah selesai pemasangan sambungan baru  oleh  PDAM Kota,” kata Direktur Utama PDAM Kota Kupang Noldy Mumu kepada wartawan di kantor PDAM, Senin (6/1).

Menurutnya, program water hibah ini merupakan program pemerintah pusat lewat negara pendonor  Auastralia yang diterapkan di pemerintah daerah dengan menggunakan dana APBD terlebih dahulu dan selanjutnya diganti oleh Pemerintah Pusat.program ini  lebih dikhususkan  bagi masyarakat berpengahasilan rendah.

“Sasaran program ini 50 persen sambungan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan sisanya dikhususkan bagi  calon pelanggan yang berdekatan dengan jaringan distribusi utama yang masih dimungkinkan melayani tambahan pelanggan,” tuturnya.

Ia mengatakan, berkaitan dengan program water hibah  ini maka tentunya pihak PDAM memilki target penyelesaian pada  pertengan tahun sudah bisa selesai, walaupun sesuai batas waktu dari Pemerintah Pusat yakni bulan Juni 2016. Hal ini dilakukan agar  setelah selesai pemasangan sambungan,  pihak pemerintah pusat segera mengganti dana APBD yang dipakai. Selain itu, dengan realisasi cepat yang dilakukan, maka pemerintah Kota Kupang bisa mengajukan tambahan program water hibah lagi di Kota Kupang, sebab program ini merupakan program yang berkelanjutan hingga tahun 2016 mendatang.

“Saat ini kami dalam tahap merancang konstruksi, karena tahap verifikasi sudah dilakukan dari desember 2013, sehingga untuk pemasangan sambungan baru sementara dilayani di 11 kelurahan diantaranya, Kelurahan Naimata, Liliba, Oesapa, Oesapa Barat sebagian, Alak, dan Belo,” katanya. (nyongky)

Baca Juga :  Kasus Perpipaan di Semau, Kejari Kupang Tunggu Hasil Audit BPKP NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button