Home / Populer / Kemarin Jokowi lapor KPK dihadiahi kacamata oleh Lorenzo

Kemarin Jokowi lapor KPK dihadiahi kacamata oleh Lorenzo

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

Moral-politik.com : Tokoh kita yang satu ini tercatat telah dua kali melaporkan kepada Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) soal hadiah yang diberikan kepadanya. Pertama mendapat guitar, kedua mendapat kacamata.

Adalah mantan Walikota Solo, kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melapor kepada KPK soal kacamata yang diterimanya dari pebalap MotoGP asal Spanyol Jorge Lorenzo. Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiono mengatakan, kacamata bermerek Hawker tersebut diserahkan Jokowi kepada KPK melalui stafnya pada Senin (20/1/2014).

“Kemarin ya dilaporinnya oleh stafnya,” kata Giri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/1/2014).

Mengenai nilai kacamata dari Lorenzo tersebut, Giri mengatakan akan mengeceknya lagi. Selanjutnya, KPK akan meneliti laporan dari Jokowi tersebut. Jika ada unsur gratifikasi, kata Giri, kacamata itu akan disita negara. Namun, jika tidak, barang tersebut akan dikembalikan kepada Jokowi.

2
Giri juga mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah Jokowi yang melaporkan penerimaan kacamata tersebut. Menurutnya, sekecil apa pun pemberian tetap harus dilaporkan kepada KPK.

“Karena memang sekecil apa pun kalau bermakna harus dilaporkan karena korupsi itu berawal dari pemberian yang kecil-kecil,” ujarnya.

Dia pun berharap langkah Jokowi ini dapat menjadi contoh pejabat atau penyelenggara negara lainnya. “Ini contoh yang baik. Mungkin orang melihat sepintas ini sepele ya, namun kacamata itu enggak semata-mata kacamata. Coba cek foto-foto dia naik sepeda bareng, bisa jadi kacamata yang sama, kita mesti cek,” tuturnya.

Seperti diberitakan, pada 17 Januari lalu, Jokowi bersepeda bersama Lorenzo dan pebalap lainnya, Valentino Rossi.

Jokowi, Jokowi, Jokowi…. (erny)

Baca Juga :  Jokowi : Tangkap yang mungut biaya bangun rumah!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button