Home / Sains / Kini luka jantung bisa pakai lem super (2)

Kini luka jantung bisa pakai lem super (2)

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

Sampai sejauh ini, tim mereka telah mengujicobakan lem tersebut pada babi dan tikus.

Pada babi, para ilmuwan memasukkan sebuah medium (patch) pada jantung babi yang masih hidup. Patch itu diletakkan pada sekat antara bilik atas bagian kanan dan kiri. Mereka juga memperbaiki pembuluh arteri yang mengalirkan darah menuju otot jantung. Pembuluh itu sebelumnya telah dipotong dan kemudian direkatkan kembali dengan lem super.

Pada tikus, peneliti membuat sebuah lubang kecil di jantung, persis seperti lubang pada bayi yang terlahir dengan jantung cacat. Kemudian lubang itu ditambal dengan menggunakan material yang memungkinkan jaringan tumbuh kembali untuk menyegel lubang.

Perekat lain sebelumnya juga telah ditemukan. Namun menurut Karp, perekat tersebut tidak menutup luka secepat lem barunya. Beberapa perekat mengharuskan jaringan sel dikeringkan terlebih dahulu agar dapat bekerja, sedang yang lain tidak cocok terhadap jaringan tertentu.

Dengan lem temuan Karp, operasi akan berjalan lebih mudah karena tidak lagi membutuhkan penjahitan. Sebelum lem Karp bisa digunakan di klinik, percobaan pada manusia tentu harus dilakukan terlebih dahulu.

Karp dan beberapa rekannya telah membentuk perusahaan untuk memasarkan Gecko Biomedical, lem super temuannya. Para peneliti mengatakan perusahaan itu akan mendapat izin untuk menggunakan Gecko Biomedical di Eropa sekitar akhir 2015.

Pertanyaannya berapa harga jualnya? Sayangnya hingga artikel ini dilansir belum ada informasi lebih jauh….(habis)

Baca Juga :  Wanita Ini Sengaja Hamil, Selundupkan Rp 590 Juta di Perutnya!!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button