Home / Populer / Komisi B minta Pemkot Kupang evaluasi penerapan pajak

Komisi B minta Pemkot Kupang evaluasi penerapan pajak

Bagikan Halaman ini

Share Button

kh

 

 

Moral-politik.com :  Komisi B minta Pemkot Kupang mengevaluasi kembali penerapan pajak sistem self assesment, karena ada indikasi kecurangan baik itu terjadi pada wajib pungut maupun penagih pajak dalam hal ini Pemkot Kupang.

Demikian dikatakan, Ketua Komisi B Krispianus Matutina kepada Moral-politik.com di Kantor DPRD Kota Kupang, Rabu (08/01/2014).

Menurutnya, sistim self assesment sangat membuka peluang terjadinya kecurangan baik itu oleh wajib pajak maupun pemungut pajak, dalam hal ini Dispenda Kota Kupang. Sistim self assesment adalah sistim pajak berdasarkan omzet yang didapat oleh wajib pajak. Sistim ini kebanyakan diberlakukan pada arena permainan ketangkasan dengan pajak sebesar 50 persen dari omzet yang didapat. Sedangkan sistim official assesment merupakan sistim pajak bulanan yang dikenakan kepada wajib pajak sehingga penyelewengan bisa diminimalisir.

“Dengan sistim seperti self assesment wajib pajak dengan penagih pajak bisa saling bekerja sama, dan hal ini sangat merugikan daerah ini,” tegas dia.

Kris berharap Pemkot Kupang harus kaji kembali penerapan pajak dengan sistim self assesment demi kepastian besaran penerimaan sebagai pemasukan kepada daerah. (nyongky)

Baca Juga :  "Kantor Wali Kota Kupang Terbakar," Damkar Unjuk Kebolehan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button