Home / Populer / Makorem 161/ Wirasakti Kupang gelar apel bersama

Makorem 161/ Wirasakti Kupang gelar apel bersama

Bagikan Halaman ini

Share Button

Danrem(1)

 

Moral-politik.com : Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di NTT, Makorem 161/Wirasakti Kupang, Selasa (28/1/2014) menggelar apel bersama dengan Polri dan non Polri.

Apel bersama yang dilakukan Makorem 161/Wirasakti Kupang itu digelar di Makorem 161/Wirasakti Kupang, dipimpin langsung Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Achmad Yuliarto.

Apel bersama itu dihadiri oleh para undangan diantaranya Kapolda NTT Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana,  Wadanlantamal VII Kupang Kol Laut (P) Lukman Hakim, Dan Brigif 21/Komodo Kol Inf Reza Pahlevi, Kasi Subsie Operasi Basarnas NTT,  Suprianto Ridwan,  Sekretaris BPBD NTT Abraham Jumina, Danlanud El Tari diwakili Dansat POM Mayor POM,  Miftah Farit, Ka Damkar NTT serta para undangan lainnya.

Peserta apel gabungan diikuti oleh lebih kurang 1000 personel, terdiri dari personel Korem 161/Wira Sakti,Brigif 21/Komodo, Paskas TNI AU, Marinir TNI AL, Polda NTT, Brimob NTT, Basarnas NTT, Pemadam Kebakaran NTT, BPBD NTT dan  BMKG  NTT serta tidak ketinggalan Kendaraan Operasional baik dari TNI, Basarnas, BPBD dan instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Achmad Yuliarto mengatakan, iklim dan cuaca di wilayah Provinsi NTT akhir-akhir ini sulit di prediksi, serta mengalami perubahan yang ekstrim, sehingga rentan terhadap berbagai musibah bencana, khususnya bencana alam.

“walaupun demikian, kita tetap harus waspada akan terjadinya bencana non alam dan bencana sosial, maka para peserta apel gabungan TNI-Polri dan Non TNI dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan,“ katanya.

Disamping itu juga, kata dia, memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang, serta perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang erat dengan pemerintah daerah dan seluruh unsur terkait lainnya, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kotamadya/kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :  Bagaimanakah Ungkapan Hati Terdalam Jessica Iskandar?

Lebih lanjut dikatakan, tujuan apel gabungan ini untuk memelihara kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan masing-masing satuan, guna merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan mengantisipasi bencana dan penanggulangan bencana, sehingga apabila terjadi bencana, maka dengan segera kita mampu melaksanakan penanggulangan bencana dengan cepat, tepat serta terkoordinir dengan baik.

“Saya berharap, kita benar-benar memahami tugas, tanggung jawab serta perannya, sehingga dalam menghadapi situasi yang sebenarnya, kita semua sudah dalam kondisi dan posisi yang siap untuk berkoordinasi, mengatasi berbagai kemungkinan bencana yang terjadi,” harapnya.

Di sela-sela apel gabungan tersebut, Kapolda NTT, Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana menambahkan bahwa TNI- Polri siap support penuh, dari aspek personel TNI- Polri ada di setiap wilayah, sehingga bila terjadi bencana maka sebagai penanganan pertama adalah personel yang terdekat dengan lokasi bencana,  mengingat wilayah kita adalah wilayah kepulauan, maka kendala dan hambatan harus kita hadapi. Kita siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Selain itu Sekretaris BPBD NTT Abraham Jumina menyampaikan, kegiatan ini adalah untuk persiapan bila terjadi bencana, komunikasi dan koordinasi terus kita bangun, baik dengan TNI Polri maupun dengan kabupaten/kota. Karena NTT termasuk daerah rawan bencana. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button