Home / Populer / Manggarai Timur : Material longsor menutupi irigasi

Manggarai Timur : Material longsor menutupi irigasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20140121-01081(1)

 

 

Moral-politik.com : Material longsong sepanjang 25 meter menutup selokan, akibatnya air  tidak bisa mengalir ke areal persawahan.  Material yang tertimbun di saluran irigasi itu merupakan longsoran  setelah hujan pada Selasa (21/1/2014).

Kepala Desa Nanga Mbaur Warkah Jeludin kepada Moral-politik.com  melalui telepon, Jumat (24/1/2014) mengatakan, areal persawahan Wae Mbaling di Desa Nanga Mbaur, Kecamatan Sambi Rampas seluas 220 hektar sawah yang digarap oleh 400-an warga terancam gagal dikelolah petani, karena air tidak bisa mengalir ke areal persawahan.

Dia menceritakan, setelah hujan deras menguyur pada hari  Selasa (21/1/2014) telah terjadi longsor di lokasi saluran irigasi Wae Mbaling. Material longsor seperti tanah dan batu dan kayu  tertimbun di saluran irigasi sepanjang 20 meter. Akibatnya, air tidak lagi mengalir ke areal persawahan yang dikelolah oleh 400 petani. Saluran drainase juga yang rusak akibat tertimbun longsor.

Para  petani tidak bisa menggarap lahan sawah karena ketiadaan air. Air yang mengalir ke daerah persawahan petani melalui jalur tersebut sementara selokan alternatif tidak ada. Saat ini petani ada yang sudah mulai menam dan sebagian belum menanam.

“Ada petani yang baru mulai menanam padi dan sebagiannya sudah tanam,” katanya.

Saat ini petani masih menunggu air yang mengalir ke sawah mereka, material longsor yang tertimbun di saluran irigasi itu belum dibersihkan dan air tidak mengalir menuju areal persawahan. Para petani sudah membersihkan sebagian material longsor namun batu besar tak bisa diangkat. Padi yang sudah ditanam bisa mati dan bagi petani yang belum tanam tidak bisa menanam lagi.

Para petani memintah bantuan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur segera turun membantu memperbaiki saluran sehingga air bisa jalan dengan lancar. Sebagaian petani sudah menanam, padi sudah mulai kering dan tanah sedikit terbelah. Memang sedikit terbantu dengan adanya hujan kendati tidak terlalu deras. (Satria)

Baca Juga :  Dituduh memerkosa gadis 12 tahun, ulama Afghanistan ini dimutilasi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button