Home / Sport / Markas Kodim Rote belum bisa ditempati

Markas Kodim Rote belum bisa ditempati

Bagikan Halaman ini

Share Button

21

 

Moral-politik.com : Pembangunan Gedung Makodim Rote Ndao yang terletak di Desa Helebeik, Kecamatan Lobalain, secara fisik telah rampung  namun hingga saat ini belum bisa ditempati karena terkendala proses pembebasan lahan.

Pasalnya, lahan yang sebelumnya telah dibebaskan sebelum pembangunan, justru usai dibangun saat ini sepertinya ada indikasi, pemilik lahan tidak setuju. Untuk itu, saat ini Pemerintah Kabupaten Rote Ndao tengah melakukan pendekatan terhadap pemilik lahan untuk menyelesaikan persoalan itu.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Alfred Zakarias, kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Alfred, sebelum pekerjaan fisik gedung Makodim dimulai, pihak keluarga Zakarias selaku pemilik lahan telah menghibahkan lahan tersebut. Namun, sebagian lahan adalah milik rumpun keluarga yang lain dan pada saat itu seluruh keluarga telah sepakat, namun dalam perjalanan ada keluarga di luar keluarga Zakarias yang keberatan dengan alasan keluarga di luar Rote tidak setuju.

“Saat ini pemerintah melalui Asisten I, tengah melakukan pendekatan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ujar Alfred.

Masih menurutnya, bila saat dilakukan pendekatan tidak ada kata sepakat, pihaknya akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada keluarga Zakarias dan keluarga terkait, sebab selama ini pihak pemerintah sudah cukup melakukan pendekatan, sehingga terjadi kesepakatan pemberian lahan dan akhirnya Makodim dibangun sesuai lokasi lahan yang disepakati.

“Pada dasarnya bagian aset daerah sudah melakukan pendekatan dan jika hingga akhirnya tidak juga ada titik temu, maka pihaknya akan turun langsung dari sisi kekeluargaan, sebab adanya bangunan itu dikarenakan adanya kesepakatan sebelumnya, namun dalam perjalanan ada keluarga diluar Zakarias yang komplain dengan alasan keluarga diluar Rote yang menolak, dan intinya persoalan tersebut harus bisa diselesaikan, sehingga Makodim memiliki hak kepemilikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Partai Politik Harus Perhatikan Kaderisasi Perempuan

Sebelumnya Perwira Penghubung Mayor CZI Agus Supriady yang ditemui wartawan beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan Makodim Rote sudah 100 persen, namun belum bisa ditempati karena belum mengantongi surat hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Rote Ndao kepada pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Agus mengatakan, selain gedung Makodim, saat ini juga sedang dilaksanakan pembangunan asrama TNI yang berlokasi di areal seluas dua hektare yang terletak di Desa Helebeik dimana pekerjaanya sudah mencapai kurang lebih 50 persen.

“Intinya sebelum bulan Maret, sket penggunaan gedung dan pengisian anggota sudah dipersiapkan pusat untuk Makodim Rote Ndao,” ujarnya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button