Home / Populer / Musim hujan, warga Borong masih konsumsi air kali Wae Laku

Musim hujan, warga Borong masih konsumsi air kali Wae Laku

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kali-Wae-Laku-Kecamatan-Borong-Manggarai-Timur

 

Moral-politik.com : Meskipun musim penghujan telah tiba, warga kampung Wae Laku Desa Compang Ndejing,  Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) masih menimba air di kali Wae Laku sebagai salah satu sumber air minum untuk konsumsi.

Pantauan Moral-politik.com, masyarakat sekitar kampung Wae Laku,  dan juga mobil pick up  pengangkut air masih saja menimba air di sungai tersebut, meskipun terlihat kotor karena  genangan air hujan yang mengalir  dari areal pegunugan.

“Curah hujan disini tidak begitu lama, berbeda  dengan daerah pegunungan yang begitu tinggi.  Oleh karena itu, kita tetap menuju sungai wae Laku untuk menimba air,” kata Elga Hagul warga Desa Compang Ndejing kepada media ini, Minggu,(19/1/2014).

Dia mengatakan, curah hujan yang terjadi di Borong tidak setinggi di daerah pegunungan sehingga ketika air hujan mau dijadikan sumber kebutuhan di rumah dengan memanfaatkan air timbunan di atap seng sangat tidak cukup.

Ketika menyinggung kondisi kali air Wae Laku yang tidak layak untuk dikonsumsi karena kotor, dirinya berkomentar, mau cari dimana lagi air minum. “Mau cari dimana lagi air minum, kalau berharap di  tempat lain pasti butuh waktu dan tenaga untuk mendapatkannya,” katanya.

Diakuinya, sebelum air tersebut dikonsumsi, terlebih dahulu direbus hingga matang. “Dimasak dulu dan disaring baru dikonsumsi,” katanya.

Sementara itu, Kepala bidang Permukiman dan Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Matim Yos Marto, belum lama ini kepada wartawan mengatakan, awal tahun 2014 masyarakat kota Borong dan sekitarnya sudah bisa menikmati sumber air minum dari proyek yang telah  dilakukan selama ini. (satria)

Baca Juga :  Duh, Ada Percobaan Meng-"hack" Website Teman Ahok!!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button