Home / Sport / Pansus ancam cabut 34 IUP pertambangan mangan di TTS

Pansus ancam cabut 34 IUP pertambangan mangan di TTS

Bagikan Halaman ini

Share Button

28

 

Moral-politik.com : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan menelusuri kebenaran kepemilikan Ijin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi 34 perusahan tambang mangan di Kabupaten Timor Tengah Selatan, yang disebut-sebut mendapat restu Bupati Timor Tengah Selatan Paul Mella, beberapa waktu lalu.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Khusus IUP Pertambangan DPRD Kabupaten TTS David Boymau, kepada wartawan di gedung DPRD TTS, Jumat (24/1/2014).

Menurut Boymau, jika dalam investigasi ditemukan adanya kejanggalan-kejanggalan, Pansus tak segan-segan merekomandasikan untuk dicabut ijinnya.

“Jika dalam inverstigasi nanti kita temukan hal-hal yang dianggap janggal maka kita tak segan-segan merekomandasikan untuk dicabut ijinnya,” tandas Boymau.

Saat ini, kata Boymau, pihaknya menduga adanya upaya monopoli lokasi yang tidak sesuai dengan yang telah ditentukan, ada indikasi prosesnya tidak sesuai dengan tahapan, ada dugaan dokumen yang dimiliki diatur tanggal mundur dan beberapa kejanggalan lainnya yang kini sementara dalam proses investigasi.

“Pansus dalam investigasi ingin mengetahui apakah ijin yang diperoleh sudah melalui tahapan yang benar atau tidak dan jika ditemukan kejanggalan, maka perusahan yang bersangkutan akan kita rekomandasikan untuk dicabut ijinnya,” tegasnya.

David berjanji kerja Pansus akan selesai paling lambat pertengahan Februari dengan beberapa rekomandasi. “Tergetnya paling lambat pertengahan Februari atau sekitar satu bulan lagi kita sudah bisa keluarkan hasilnya dengan beberapa rekomandasi,” janji Boymau.

Ditambahkan Boymau, Pansus telah meminta tambahan waktu kepada pimpinan melalui paripurna. Keterlambatan Pansus dalam menyelesaikan kerjanya karena harus melaksanakan sidang Paripurna pembahasan APBD tahun anggaran 2014.

Wakil Ketua DPRD TTS Ampera Seke Selan, yang ditemui secara terpisah membenarkan bahwa Pansus IUP pertambangan telah meminta penambahan waktu untuk menyelesaikan kerja Pansus.

Baca Juga :  Legenda Madrid 1950-an Berusia 86 Tahun Segera Nikahi Gina Gonzales 36 Tahun

” Pansus IUP Pertambangan  memang meminta penambahan waktu sekitar dua minggu untuk selesaikan kerjanya. Dan kita berharap agar Pansus bisa selesai tepat waktu,” jelasnya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button