Home / Sport / Pansus Mangan DPRD TTS jalan di tempat

Pansus Mangan DPRD TTS jalan di tempat

Bagikan Halaman ini

Share Button

16ilustrasi

 

Moral-politik.com : Masyarakat Kabupaten TTS berharap dan sangat menanti episode lanjutan dari kerja Panitia khusus (Pansus) DPRD TTS, dalam menelusuri dugaan kejanggalan dokumen 18 perusahan tambang mangan yang kini telah mengantongi IUP eksplorasi yang ditandatangani Bupati Paul Mella belum lama ini.

Menurut salah seorang warga yang namanya tidak mau diberitakan, bahwa ada dugaan pemalsuan dokumen dari 18 perusahaan yang telah mengantongi ijin eksplorasi yang dikeluarkan Bupati TTS.

Pasalnya, ada moratorium yang dikeluarkan kementerian Minerba agar semua perusahaan tambang minerba termasuk tambang mangan yang dokumennya diurus diatas tahun 2009 wajib dihentikan dan mengikuti undang-undang tentang Minerba Nomor 4 tahun 2010. Sementara 18 perusahaan yang telah mengantongi ijin tersebut pengajuan dokumen dan proses pengurusannya dilakukan pada tahun 2010 dan ada yang tahun 2011.

“Saya duga ke 18 perusahaan yang telah mendapat ijin tersebut semua dokumennya dibuat tanggal mundur, untuk menghindari agar tidak kena peraturan baru yaitu Undang-undang Nomor 4 Tahun 2010 tentang minerba yang persyaratanya rumit tidak seperti undang-undang lama,” terangnya.

Semetara itu  fraksi-fraksi di DPRD TTS juga menilai hal yang sama, sehingga DPRD menutuskan untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) menelusuri tahapan dan proses penerbitan IUP oleh Bupati Mella.

Hal lain yang juga ditelusuri oleh Pansus, yaitu royalti mangan yang merupakan hak daerah yang wajib dibayar oleh perusahaan yang sudah melakukan operasi produksi.Anehnya, Pansus yang sudah bekerja hampir sebulan lebih belum menunjukan hasil kerjanya. (lima)

Baca Juga :  TNI-AD Dilatih Cara Penanggulangan Bencana

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button