Home / Sport / Parahnya kerusakan jalan, sulitkan pelintas

Parahnya kerusakan jalan, sulitkan pelintas

Bagikan Halaman ini

Share Button

21

 

Moral-politik.com : Sejumlah warga mengeluhkan parahnya kerusakan infrastruktur jalan menuju daerah perbatasan negara antara Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste membuat warga kesulitan saat melintas.

Sebagaimana pengakuan Petrus Lalus Asuat, Kepala puskesmas Inbate mengatakan, kerusakan infrastruktur jalan menuju perbatasan negara tetangga RDTL cukup merepotkan pelintas, bukan saja kondisi jalan tanah dan tanjakan tapi derasnya arus sungai, membuat lalulintas menuju lokasi puskesmas dan akses jalan menuju empat desa lainnya menjadi buntu, yakni desa Sunkaen, Haumeni Ana, Nilulat dan Tubuh.

“Kita ada mobil ambulance tapi musim hujan begini kita tidak bisa melintas ke Puskesmas karena banjir,” ungkap Petrus kepada wartawan, Senin (27/1/2014).

Petrus mengaku gedung puskesmas Inbate masih mengalami kekurangan ruang penginapan perawat dan sarana listrik sehingga bersama petugas medis lainnya memilih tinggal di Kota Kefamenanu.

Ruas jarak mencapai 35 KM dengan kondisi jalan yang berlubang dan banyak tanjakan tentu membuat kesulitan para petugas medis untuk melakukan pelayanan optimal.

Sehingga Petrus berharap perlu ada perhatian serius untuk memperbaiki infrastruktur jalan termasuk fasilitas perlengkapan rumah medis. Apalagi bila ada emergensi atau Kejadian Luar Biasa (KLB) pasien terpaksa harus jalan kaki sejauh 5 KM untuk bisa melintasi banjir.

“Kita harap perhatikan kondisi jalan karena kejadian diare muntaber dan emergenci lain seperti pendarahan bisa saja mengorbankan nyawa pasien,” pinta Petrus.

Dia menambahkan, kondisi jalan yang menghubungkan perbatasan negara distric Oecusse RDTL rusak cukup parah, bukan hanya saat musim hujan saja, namun di musim panas pun demikian.

Bahkan, pelintas atau pengguna jalan sering menjadi korban kecelakaan, tak luput  seorang dokter pun  pernah terjatuh dan harus diopname. (lima)

Baca Juga :  4 wanita pendemo diserang, Polisi TTU proses laporan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button