Home / Sport / Pasar Desa Oepura diambil karena salah gunakan

Pasar Desa Oepura diambil karena salah gunakan

Bagikan Halaman ini

Share Button

17                                                                                                  ilustrasi mata air oepura

Moral-politik.com : Pasar Desa Oepura di Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang yang diklaim pemerintah Kota Kupang sebagai aset daerah,  diambil alih keluarga Foenay dalam hal ini  Kolan Foenay karena aset itu disalah gunakan.

Hal ini dikatakan Lurah Oepura Marthen Ludji kepada Moral-politik.com, di Kantor DPRD Kota Kupang, Jumat (17/01/2014).

Ia mengatakan, Keluarga Foenay mengambil alih lokasi itu karena disalahgunakan oleh pengelola. Sesuai kesepakatan saat hibah dulu, tanah itu dihibahkan untuk digunakan sebagai tempat berdagang bagi masyarakat di Desa Oepura kala itu. Namun seiringnya waktu, tempat itu dijadikan tempat kos-kosan sehingga membuat keluarga Foenay mengambil alih lokasi dan memagarnya.

Ia mengatakan, sebelum mengambil alih lahan tersebut, pihak keluarga Foenay sempat melakukan upaya pendekatan dengan kelurahan. Kemudian pihak keluarga Foenay juga sudah bersurat kepada pihak kelurahan, yang isinya akan mengambil alih lahan pasar desa itu.

Namun sebagai pemerintah, dirinya tidak bisa berbuat apa-apa, pasalnya pihak kelurahan tidak mengantongi dokumen apapun tentang kepemilikan lahan atau surat hibah ketika diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Kupang saat itu

“Saya sudah melakukan upaya pendekatan dengan kepala desa dan lurah-lurah terdahulu namun mereka juga tidak mengantongi dokumen hibah. Dalam buku register memang tercantum aset telah dihibahkan. Saya juga sudah mengutus staf untuk lakukan pengecekan di Kabupaten Kupang namun yang terdata cuma Kantor Lurah Oepura saja,” kata Lurah.

Menurutnya, berdasarkan bukti-bukti yang tidak mencukupi, pihak kelurahan tidak bisa melarang pihak keluarga untuk tidak boleh melakukan aktifitas meskipun lahan tersebut terdata sebagai salah satu aset dari pemerintah Kota Kupang. (nyongky)

Baca Juga :  Simaklah Kejujuran Kristo Blasin Walau Didepak Sebagai Caleg DPRD NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button