Home / Sport / Patah kemudi, KM Embun Pagi nyaris tenggelam

Patah kemudi, KM Embun Pagi nyaris tenggelam

Bagikan Halaman ini

Share Button

25

 

Moral-politik.com : KM. Embun Pagi, nyaris tenggelam setelah mengalami patah kemudi di sekitar perairan Tanjung Watumanuk, Senin (20/1/2014), sekitar pukul 09.30 Wita.

Peristiwa itu terjadi disebabkan oleh cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, yang memicu tingginya gelombang laut di perairan NTT. Musibah pelayaran pun dialami kapal-kapal bertonase kecil, yang biasa memaksa melakukan pelayaran.

Kepala Kantor SAR Kelas B Kupang Ketut Gede Ardana, kepada wartawan, Senin (20/1/2014) mengaku, pihaknya menerima laporan dari Pos SAR Maumere, tentang adanya sebuah kapal yang mengalami kerusakan mesin dan patah kemudi di sekitar perairan Tanjung Watumanuk, akibat cuaca buruk.

Setelah dilakukan identifikasi, kata dia, pihaknya mengetahui kapal tersebut adalah KM. Embun Pagi yang yang mengangkut 24 orang dan delapan orang ABK.

KM. Embun Pagi, lanjutnya, bertolak dari pelabuhan Pulau Palue pukul 08.00 Wita, dengan memuat dua ton kopra yang akan didistribusikan ke Maumere. Namun, setelah menempuh perjalanan selama satu jam lebih, kapal tersebut mengalami kerusakan mesin dan patah kemudi di sekitar perairan Tanjung Watumanuk.

Setelah mempersiapkan personil dan peralatan, tutur dia, satu tim Rescue Pos SAR Maumere berjumlah tujuh orang, diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah (TKM), dengan menggunakan satu buah rigid inflatable boats (RIB) untuk melaksanakan operasi SAR.

Sekitar  pukul 13.15 Wita, KM. Embun Pagi berhasil diperbaiki dan dievakuasi ke Pelabuhan Rakyat (Pelra) Wuring, Maumere, dalam keadaan selamat. (richo)

Baca Juga :  Pemandu Wisata NTT Siap Sukseskan Sail Komodo

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button