Home / Traditional Dress / Paus Fransiskus minta akhiri perang di 2014

Paus Fransiskus minta akhiri perang di 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

 

 

Moral-politik.com : Tradisi Gereja Katolik setiap tahun adalah Paus menyampaikan pesan di hadapan ratusan ribu umat di Alun-alun Santo Petrus, Kota Vatikan, Rabu (1/1/2014).

Pesan tahun 2014 ini Paus Fransiskus meminta seluruh umat di dunia mempererat jalinan solidaritas global dan mengakhiri perang.

“Apa yang terjadi pada hati manusia? Apa yang terjadi pada kemanusiaan? Sekaranglah waktunya untuk berhenti!” kata Paus.

Ini membuat kita bertanggung-jawab, lansir Tempo.co, untuk bekerja sama sehingga dunia menjadi komunitas persaudaraan yang saling menghargai, menerima perbedaan satu dengan yang lainnya dan saling menjaga,” kata Paus.

Seruan Paus penting di saat korban jiwa akibat konflik di Suriah kini sudah mencapai 113.735 orang, dengan 11.420 di antaranya anak-anak.

Paus mendesak seluruh dunia mendengarkan ratap tangis dari orang-orang yang menderita akibat perang dan kekerasan. Dia juga berdoa agar rekonsiliasi dan dialog akan menang melawan godaan balas dendam, kesombongan dan korupsi.

Gereja Katolik mencanangkan  1 Januari sebagai hari kampanye Perdamaian Dunia.

Pemimpin umat Katolik, yang didapuk sebagai Tokoh Tahun 2013 oleh majalah Time tersebut,  terkenal di beragam kalangan lantaran pernyataannya soal hak-hak kaum gay, kemiskinan, dan kapitalisme.

Baru-baru ini dia mengutuk kesenjangan antara kaya dan miskin. Paus Fransiskus juga mendorong gereja untuk berbuat lebih banyak lagi untuk menolong kaum miskin.

Bulan Juli lalu, Paus berusia 78 tahun itu menuai kontroversi ketika mengatakan “Memangnya saya siapa berhak menghakimi kaum gay yang punya niat baik mencari Tuhan?”

Pernyataan mengejutkan itu membuat Paus Fransiskus juga digelari Tokoh Tahun 2013 oleh majalah aktivis LGBT, The Advocate.  Meski demikian, Paus juga dikabarkan shock dengan undang-undang yang mengesahkan adopsi oleh kaum gay di Malta. (erny)

Baca Juga :  PM Inggris Komentari Foto Sang Istri Berbikini Tersebar

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button