Home / Sport / Pemkot diminta perhatikan kesejahteraan petugas kebersihan

Pemkot diminta perhatikan kesejahteraan petugas kebersihan

Bagikan Halaman ini

Share Button

12ilustrasi

 

Moral-politik.com : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang meminta Pemerintah Kota Kupang  untuk lebih memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan para petugas kebersihan yang kesehariannya terus bergumul dengan sampah yang ada di kota ini.

Anggota DPRD Kota Kupang, Kardinad Kalilena mengatakan ini kepada Moral-politik.com, Kamis (30/01/14), usai melihat para petugas kebersihan dan pertamanan Kota Kupang sementara mengangkat sampah di wilayah Kunino tanpa menggunakan masker dan sarung tangan.

Menurutnya, petugas kebersihan ini adalah garda terdepan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri di kota ini, mereka layak disebut pahlawan kebersihan, maka tentunya pemerinta perlu memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan mereka.

“Produksi sampah di kota ini cukup tinggi dengan berbagai model sampah, maka itu pemerintah perlu menyediakan peralatan yang mereka butuhkan seperti sarung tangan, masker, sepatu boot dan peralatan lain yang dibutuhkan dalam penanganan sampah.

Dia mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Kupang tengah menyiapkan diri untuk mengikuti penilaian pemilihan Kota Bersih dan Asri (Adipura). Untuk kriteria penilaian mendapatkan Adipura maka kota ini harus bersih dan indah. Untuk kota bersih dan indah, tentu kerja  dari petugas kebersihan makin berat, dan Jika mereka tidak dilengkapi dengan peralatan kebersihan maka kesehatan dan keselamatan mereka bisa terancam.

“Percuma kita mendapatkan penghargaan Adipura tetapi petugas kebersihan kita menjadi korban. Oleh karena itu pemerintah perlu menyediakan bagi mereka peralatan kesalamatan untuk menunjang pekerjaan dari petugas kebersihan,” kata Kardinand

Dia mengakui, masalah sampah ini adalah tanggungjawab bersama, namun yang memikul  tanggunjawab besar membersihkan kota ini adalah para petugas kebersihan. (nyongki)

Baca Juga :  Rachmat Hidayat : Jangan paksakan Sertifikasi Halal

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button