Home / Gosip / Peran media massa membantu dan mengawal Pemilu 2014

Peran media massa membantu dan mengawal Pemilu 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

34

 

 

Moral-politik.com : Penggunaan media sangatlah penting dalam proses kampanye dan sosialisasi politik modern. Media massa bukan hanya bagian integral dari politik, tetapi juga memiliki posisi yang sentral dalam politik, mampu menyusun realitas dari berbagai peristiwa yang terjadi hingga menjadi wacana yang memiliki kekuatan mengkampanyekan politik. Guna memenangkan kompetisi di ajang pemilu, kontestan parpol bersaing dengan menerapkan strategi komunikasi politik yang jitu.

Dalam konteks pemilu 2014, media massa tetap mempunyai peran penting dalam sosialisasi program partai dan pengenalan para caleg parpol.

Peran media massa seperti ini diakui oleh Nasdem dengan di Ketuai Surya Paloh, karenanya Nasdem tetap menggunakan media massa dalam strategi komunikasi politik partai guna memenangkan pemilu.

Sosialisasi Pemilu 2014 melalui media massa agar mengetahui proses dari Pemilu dan media juga bisa mengawal sesuai dengan tugasnya.

Pemilu Legislatif yang berlangsung 09 April 2014 mendatang memang butuh pemahaman bersama terutama pelanggaran-pelanggaran yang mengarah pada sengketa pemilu.

Bawaslu akan bekerja atas tugas dan wewenangnya yang sesuai Undang-undang nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, tugas dan kewenangan Pengawas Pemilu disetiap tingkatan.

Media massa dan caleg peserta pemilu agar hati-hati dengan kampanye yang belum waktunya agar tidak diduga melanggar tindak pidana.

Media massa, memang harus menjalankan fungsinya tidak hanya sebagai edukasi, tetapi juga melaksanakan fungsi informasi, kontrol sosial, dan hiburan.

Fungsi pendidikan tidak hanya pendidikan umum bagi masyarakat, tetapi juga pendidikan politik bagi rakyat.

 

Oleh Ilara, sumber Viva.co.id

Baca Juga :  Keren, Melamar Kekasih Pakai Buket Bunga Isi Daging

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button