Home / Populer / Perusahaan yang mengekspor tambang mentah ditangkap

Perusahaan yang mengekspor tambang mentah ditangkap

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

Jakarta, Moral-politik.com :  Undang-Undang Nomor 4/2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba) yang salah satunya berisi tentang larangan ekspor tambang mentah (ore) per tanggal 12 Januari 2014 kemarin sudah resmi dijalankan. Hal tersebut ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah No 01/2014 yang berisi tentang pelaksanaan UU No. 4/2009.

Kebijakan pemerintah SBY tersebut mendapat tantangan, khususnya dari perusahaan-perusahaan tambang, bahkan muncul isu bahwa nantinya akan ada penyelundupan tambang ke luar negeri secara ilegal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menanggapinya dengan tegas. Hatta saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Senin (13/1/14), mengatakan bahwa perusahaan yang tetap mengekspor tambang mentah (ore) akan ditangkap dan diberi sanksi.

Hatta menuturkan, perusahaan yang berbuat seperti itu adalah pelanggar undang-undang yang harus ditindak dengan tegas.

“Mulai 12 Januari kemarin tidak boleh lagi ada bahan mentah diekspor gelondongan nggak boleh, kalau ada bahan mentah diekspor, tangkap!” tegas Hatta.

Hatta juga menjelaskan bahwa PP yang ditanda tangani oleh Presiden SBY tersebut bukan melarang sama sekali ekspor tambang RI keluar negeri, hanya saja, tidak boleh dalam keadaan benar-benar mentah, tapi yang sudah diolah atau ditambah nilai ekonomisnya. (Ganang)

Baca Juga :  SBY: Ajaran agama melarang fitnah dan caci maki

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button