Home / Sport / Pilkades Sungkaen di TTU berujung hukum

Pilkades Sungkaen di TTU berujung hukum

Bagikan Halaman ini

Share Button

15

 

 
Moral-politik.com : Gara-gara tidak lolos seleksi  administrasi, tiga orang calon Kepala Desa (Kades) melaporkan panitia pemilihan  ke Polsek Miomafo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Tiga orang calon Kades Sungkaen itu masing-masing, Yoseph Lake, Alfonsus Tpoy dan Antonius Lake,terpaksa lapor polisi karena panitia tidak mengembalikan uang pendaftaran ketiganya masing-masing sebesar Rp 1,5 juta.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan menyebutkan terdapat delapan orang yang mendaftar sebagai calon kepala Sungkaen pada tanggal 18 sampai 19 Desember 2013 lalu dan setiap calon menyetor Rp 1,5 juta kepada panitia sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon.

Herannya, saat seleksi administrasi ketiga calon tersebut dinyatakan tidak lolos dengan alasan sebagai penduduk luar desa Sungkaen, sehingga ketiganya kemudian meminta kembali uang mereka itu.

Tetapi dari panitia tetap menolak dan mengatakan bahwa sudah ada  kesepakatan tanda tangan bermaterai dari para calon, karena tak puas ketiganya lalu menempuh jalur hukum.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Miomafo Timur, Iptu Dalmasius Wahang saat dikonfirmasi mengatakan laporan ketiga calon itu diterima oleh pihaknya, Sabtu (28/12) lalu.

Dia membenarkan adanya laporan mengenai uang pendaftaran calon kades Sungkaen sebesar Rp 1,5 juta. Uang yang sudah disetor para calon itu menurut panitia, sudah dibuatkan pernyataan bermeterai, yang isinya menerangkan bahwa setiap calon menyerahkan uang sebesar Rp 1,5 juta untuk biaya penyelenggaraan kegiatan pilkades sampai dengan pelantikan dan yang gugur seleksi administrasi tidak akan minta kembali uang tersebut.

Untuk menindaklanjuti laporan itu kata Wahang, pihaknya akan mengundang kedua belah pihak untuk melakukan klarifikasi untuk meluruskan laporan tersebut. (lima)

Baca Juga :  Seluruh Pihak Diingatkan Perkuat Kerukunan Antar Umat Beragama

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button