Home / Kaukus / PKS dukung Yusril dan MK : Pileg dan Pilpres serempak

PKS dukung Yusril dan MK : Pileg dan Pilpres serempak

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 
Moral-politik.com : Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespons positif kemauan baik calon presiden Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, yang meminta kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar Pemilu Legislatif dan Pilpres-Wapres dilaksanakan serentak.

PKS menyatakan setuju Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden (pilpres) 2014 digelar serentak karena menilai, jika judicial review terhadap Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden  dikabulkan MK, maka akan menyehatkan praktik demokrasi.

“Karena carut-marut praktik koalisi bisa diatasi,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PKS  dalam keterangan persnya, Rabu 22 Januari 2014.

Melansir Viva.co.id, Mahfudz meyakini pemilu serentak juga bisa memperkuat sistem presidensial. Sebab, sejak awal parpol akan dipaksa oleh sistem untuk menyiapkan pasangan capres-cawapresnya.

“Jika pun terjadi koalisi parpol hal tersebut lebih sebagai dukungan terhadap capres-cawapres pada putaran kedua,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPR RI itu melanjutkan, implikasi apabila gugatan Yusril Ihza Mahendra dan Effendi Gazali tersebut dikabulkan tidak sekompleks yang dibayangkan. Malah, implikasi mundurnya pelaksanaan pemilu legislatif akan memberi kesempatan bagi KPU dan Bawaslu untuk menuntaskan sejumlah agenda.

“Seperti penyiapan saksi TPS yang diperkirakan sulit diselesaikan dalam waktu dua bulan. Juga KPU bisa memantapkan DPT.”

Tapi bagaimana dengan dana yang telah dialokasikan untuk dua kali kegiatan? Mungkin ini salah satu kendalanya, kendati semua telah berpikir positif. (erny)

Baca Juga :  PAN mengapresiasi Jokowi serius bangun Jakarta

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button