Home / Populer / Polda Papua patut diteladani, selesaikan 68 kasus korupsi

Polda Papua patut diteladani, selesaikan 68 kasus korupsi

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

 
Moral-politik.com : Jika dibandingkan dengan DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur, Polda Papua sungguh-sungguh menunjukkan komitmen dan kinerjanya untuk memberantas korupsi yang jadi agenda reformasi.

Jika DKI Jakarta sanggup berhasil menyelesaikan 7 kasus korupsi dan NTT sekitar 36 kasus korupsi di tahun 2013, tapi Papua telah menyelesaikan 68 kasus korupsi sekaligus selamatkan uang negara Rp 15 miliar.

Jumlah tersebut menurut Direskrimsus Polda Papua Kombes Pol Setyo Budiyanto kepada wartawan di Jayapura, Rabu (8/1/2014), mengatakan, penanganan kasus korupsi yang dilakukan oleh pihaknya secara kuantitatif dan kualitatif ada peningkatan.

“Pada 2012, Polda Papua menangani 55 kasus korupsi dengan penyelematan uang negara senilai lebih dari Rp5 miliar. Pada tahun 2013, dari 122 kasus yang dilaporkan, ada yang masih diproses dan yang sudah selesai sebanyak 68 kasus korupsi,” katanya, lansir Antara.

Keberhasilan jajaranya mencapai target atau bahkan melebihi tiga kasus dari target yang diberikan oleh pihak Bareskrim Mabes Polri baik untuk Polda Papua dan jajaran Polres yang ada, itu karena komitmen pimpinan yang kuat serta kerja anggota di lapangan yang sangat intens guna mengungkap kasus-kasus yang merugikan negara, katanya.

“Secara umum penanganan kasus korupsi meningkat baik secara kuantitas dan kualitas. Ini juga merupakan komitmen yang serius dari Polres dan Polda Papua. Dan terutama adalah komitmen Pak Kapolda Papua dalam tiap rapat selalu memotivasi para Kapolres dan jajarannya untuk ungkap kasus korupsi,” katanya.

Ketika disinggung soal penanganan kasus korupsi pada tahun 2014, Kombes Pol Budi mengatakan Polda Papua akan melakukan peningkatan dua kali lipat, yakni dengan target menangani sebanyak 20 kasus. Dan untuk jajaran Polres di Kota dan Kabupaten yang ada di Papua dan Papua Barat masih menunggu dari pusat.

Baca Juga :  Malam Ini Jokowi Bertolak ke Belanda...

“Sementara kami masih menunggu berapa jumlah kasus yang akan ditangani, yang pasti akan terjadi peningkatan. Tetapi untuk Polres-polres yang pada 2013 belum menangani kasus korupsi hingga tuntas itu karena berbagai kendala, bisa saja karena banyak menangani kasus lainnya, kesiapan dana dan juga hal lainnya,” katanya seraya menambahkan bahwa hal itu nantinya akan dievaluasi.

Keberhasilan itu patut diapresiasi, dan tidak ada salahnya jika Polda lainnya studi banding ke Papua. Belajar dari mereka yang berhasil adalah sangat bijaksana. (erny)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button