Home / Sains / Ponsel Anda menceritakan tentang siapa Anda (1)

Ponsel Anda menceritakan tentang siapa Anda (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

13

 

Moral-politik.com : Berkembangnya dunia sains dan tekhnologi masa kini membawa kemudahan-kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai hal.

Komunikasi antara dua orang yang berjauhan atau berbeda lokasi menjadi mudah dengan peralatan canggih seperti telepon rumah, dan bahkan kini dimodifikasi menjadi lebih simpel sehingga dapat dibawa kemana saja sesuka hati.

Dalam dunia forensik HandPhone (HP), orang-orang dalam memiliki nama untuk semua informasi pribadi yang secara sadar maupun tak sadar tersimpan dalam telepon genggam anda. Mereka menyebutnya “sidik jari digital”.

Dengan peralatan yang tepat serta akses langsung ke ponsel anda, siapa saja dapat menyadap rincian pribadi kehidupan anda: sms, foto-foto, tweet, facebook, janjian anda, tempat olahraga favorit anda, atau bahkan apa yang kamu makan semalam, lansir sainspop.blogspot.com.

“Anda bisa mengetahui segalanya tentang seseorang melalui ponselnya,” tutur Amber Schroader, pemilik Paraben of Pleasant Grove, Utah, yang membuat perangkat lunak forensik bagi para penyelidik dan masyarakat umum. “Anda dapat melihat video-video YouTube mereka, situs-situs yang mereka jelajahi, gambar-gambar mereka. Orang-orang kecanduan akan telepon genggam mereka, jadi ini merupakan informasi terkini dan paling berharga yang tersedia mengenai seseorang.”

Walaupun perusahaan-perusahaan nirkabel dan pihak lainnya telah lama bisa melacak lokasi hp dari jauh, masih belum jelas informasi lainnya yang bisa diakses dari jauh. Akan tetapi para penyelidik forensik telah lama mengetahui bahwa penyimpanan data biografis dapat dikumpulkan ketika mereka memiliki akses langsung ke peralatan-peralatan genggam. Bahkan sebelum penemuan arsip pelacakan lokasi yang diperlihatkan oleh para peneliti, telah ditemukan pada iPhone, para penyelidik telah mengumpulkan data dari smartphone Apple.

“Kami menganalisa iPhone sejak diluncurkan,” kata Christopher Vance, spesialis forensik digital di Marshall University’s Forensics Science Center, yang bekerja dengan agensi penegak hukum baik swasta maupun negri di Virginia Barat.

Baca Juga :  Bercinta bisa sembuhkan 7 penyakit ini...

Vance dan laboratoriumnya membantu mengambil data dari iPhone termasuk catatan panggilan, hasil pencarian peta dari aplikasi Google Maps, grafik-grafik yang tersimpan di tembolok peramban, bahkan catatan tentang apa yang telah diketikkan ke papan kunci virtual iPhone.

“Ada banyak sekali informasi penting pada iPhone,” tuturnya.

Tak semua orang senang akan betapa gampangnya membuat hp mengungkap rahasianya. Apple telah menghiraukan permintaan terus menerus terhadap komentar akan arsip pelacakan, bahkan ketika para anggota Konggres mulai menanyakan pertanyaan mengapa Apple melacak para pengguna teleponnya dan apa yang dilakukannya terhadap informasi tersebut. Lagi pula para advokat privasi memperingatkan bahwa mengambil data dari hp seseorang tanpa ijinnya merupakan satu langkah turun lagi di jalan yang sudah bermasalah.

“Ini bukan telepon genggam – ini adalah telepon sadap,” tutur John M. Simpson, direktur Consumer Watchdog’s Privacy Project. “Para konsumen harus memiliki hak untuk mengontrol apakah data mereka dikumpulkan dan bagaimana itu dipergunakan. (bersambung)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button