Home / Populer / Presiden SBY bantu pengungsi Gunung Sinabung

Presiden SBY bantu pengungsi Gunung Sinabung

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

Moral-politik.com : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  mengirim 8000 ribu paket bantuan bagi korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Bantuan SBY tersebut telah tiba di Pelabuhan Belawan, pada Sabtu (18/1/2014). Bantuan itu berupa paket makanan, minuman dan obat-obatan telah disebar di 89 titik dan ditujukan bagi 26.174 ribu pengungsi di Tanah Karo, Sumut.

Paket yang diangkut KRI Teluk Banda Aceh diterima secara simbolis oleh Bupati Tanah Karo, Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.

Bantuan Presiden yang diserahkan oleh Pangdam I BB, Mayjen TNI Istu Hari ini langsung disalurkan ke 89 titik pengungsian dan didistribusikan kepada para pengungsi di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Untuk mencegah penyimpangan, lansir setkab.go.id, pengelolaan bantuan didampingi, dikendalikan, dan diawasi secara langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi.

Pengiriman bantuan ini merupakan realisasi dari instruksi Presiden dalam rapat rapipurna kabinet untuk menguatkan posko bantuan bencana.

Rencananya, Presiden akan berkunjung ke Karo, 23 Januari mendatang. Kedatangan Presiden ini diharapkan dapat dimanfatakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung.

Berikut ini bantuan pemerintah yang telah disalurkan bagi pengungsi Sinabung:

* Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan dana sebesar Rp 20,1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Karo. Sebanyak Rp 7,5 miliar sendiri telah siap dipakai untuk membantu kebutuhan warga yang tinggal di lokasi pengungsian.

* Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beasiswa dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan di Karo.

* Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik sebesar Rp 16 miliar pada akhir 2013 dan awal 2014 , antara lain berupa lauk pauk, family kids, peralatan dapur, dan paket sandang.

Baca Juga :  Mengapa Polres Jaksel Lamban Kuak Kasus RA?

*  Kementerian Pekerjaan Umum ameningkatkan penyaluran air bersih bagi 26.174 jiwa atau 8.160 KK yang tersebar di 89 tempat pengungsian. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button