Home / Sport / PT. SSM belum kantongi akte pendirian tambang

PT. SSM belum kantongi akte pendirian tambang

Bagikan Halaman ini

Share Button

17pembibitan pohon sengon

 

Moral-politik.com : Rencana PT Sengon Soe Makmur (SSM) membuka usaha pembibitan dan penanaman pohon sengon, untuk dijadikan bahan baku pembuatan Triplex di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, hingga saat ini belum bisa terwujud.

Pasalnya, Badan Pelayanan Ijin Terpadu Kabupaten TTS, belum mengeluarkan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), karena PT SSM belum mengantongi akte pendirian perusahaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Memang kita belum keluarkan SIUP TDP-nya karena PT. Sengon Seo Makmur juga belum mengantongi akte pendirian perusahaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, sehingga kita belum proses,” kata Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten TTS Pina Nope, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (22/1/2014).

Menurut Pina, selain persyaratan tersebut, PT SSM memenuhi persyaratan wajib lainnya seperti, Rekomandasi AMDAL  dari UKL atau Usaha Keselamatan Lingkungan serta Rekomandasi AMDAL dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD).

“Usaha yang akan dilakukan berkaitan dengan penanaman pohon Sengon yang membutuhkan areal lahan yang tergolong luas, yakni mendekati 500 hingga 1000 hektare. Sementara untuk proses penanaman pun wajib dilakukan pada lahan bukan hutan lindung yang merupakan milik kementerian kehutanan, sehingga membutuhkan rekomandasi Dinas Kehutanan setempat,” terangnya.

Pina menjelaskan, pengurusan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) menjadi tupoksi Badan Pelayanan Ijin Terpadu. Namun, dalam proses pengurusan membutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dilengkapi oleh seorang pengusaha maupun kelompok usaha ataupun badan usaha lainya yang hendak memulai usahanya. Hal yang sama, juga berlaku bagi PT. SSM yang hendak membuka usaha pembibitan dan penanaman pohon sengon untuk dijadikan bahan baku dari pembuatan Triplex di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Baca Juga :  Rumah Marsel Tanu, Warga Manulai II Diberangus Si Jago Merah

Meski demikian, kata Pina, Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) untuk PT. SSM, sudah dikeluarkan pertanggal 16 Desember 2013.

“Jadi SITU-nya sudah kita keluarkan tanggal 16 Desember 2013 dan sekarang kita tunggu akta pendiriannya, karena perusahaan tersebut baru didirikan, sehingga akte pendiriannyapun belum ada,” terang Pina.

Disinggung soal lokasi usaha seperti tertera dalam Surat Ijin Tempat Usaha yang sudah dikantongi PT. SSM, Pina Nope mengatakan, lokasinya berada di RT 01/RW 01 Kelurahan Nunumeu, tepatnya dirumah pribadi milik salah satu pimpinan DPRD TTS.

Hingga berita ini diturunkan, Direktur PT. SSM Sie Robby Ongkowidjoyo yang coba dihubungi berulang kali ke nomor telepon selulernya, tidak merespons panggilan yang masuk ke nomor ponsel pribadinya itu. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button