Home / Sport / Rote : Pasar Holoama Mubazir

Rote : Pasar Holoama Mubazir

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

foto: roteonline

 
Moral-politik.com : Membangun sebuah gedung seharusnya sudah dilandasi dengan suatu kajian yang matang sehingga bangunan itu nantinya memberikan manfaat bagi khalayak banyak dan tidak mubazir. Namun lain halnya dengan pembangunan salah satu pasar di Desa Holoama yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Pasar yang dibangun menggunakan anggaran yang cukup besar tersebut, hingga saat ini mubazir dan tidak dimanfaatkan. Betapa tidak pasar yang terletak di Desa Oetutulu itu hingga saat ini mubazir bahkan menjadi penghias hutan.

Salah seorang warga Oetutulu, Simon Ndun yang ditemui wartawan di sekitar lokasi itu, Jumat (10/1) kemarin mengatakan sejak dibangun tahun 2011 lalu hingga saat ini tidak pernah dimanfaatkan.

Menurutnya, meski tidak dimanfaatkan untuk aktivitas perdagangan, warga di sekitar lokasi itu menggunakannya sebagai tempat berteduh bagi ternak milik warga.

“Pasar ini sepertinya dibangun hanya untuk menghiasi hutan saja,” katanya.

Menurutnya, untuk mengerjakan pasar yang mubazir itu, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah namun disayangkannya hingga saat ini tidak pernah dimanfaatkan.
“Pasar ini dibangun terkesan tanpa melalui perencanaan yang jelas tetapi asal bangun saja. Berdasar letaknya saja, pedagang pedagang tidak mungkin datang ke sini,” katanya.

Kondisi tersebut lanjutnya, diperparah dengan tidak adanya ruas jalan yang menghubungkan lokasi itu.

“Lebih parahnya akses menuju pasar Holoama sama sekali tidak ada sehingga pedagang tidak bisa masuk ke sana. Kami menduga, pasar ini dibangun supaya ada proyek saja,” ujarnya.

Terhadap persoalan itu, Asisten II  Setda Kabupaten Rote Ndao, Mesak Nel Nunuhitu yang dikonfirmasi wartawan, Jumat (10/1) siang mengatakan, sangat disayangkan bila pasar itu tidak segera dimanfaatkan.

Baca Juga :  Sudah Diduga Bayern Munich Juara Liga Eropa

“Kami juga menginginkan agar pasar itu segera dioperasikan karena itu aset yang cukup berharga. Kalau tidak segera dimanfaatkan akan menimbulkan kerugian,” katanya.

Instansi teknis diharapkannya supaya segera lakukan pengkajian soal pemanfaatan bangunan pasar itu. Menurutnya, pengkajian itu perlu dilakukaan agar saat dioperasikan berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button