Home / Populer / Rp19 miliar untuk Masyarakat Kelautan NTT

Rp19 miliar untuk Masyarakat Kelautan NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20140111-01682

Moral-politik.com : Mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah, khususnya di NTT,  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan senilai Rp 19 miliar untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan ekomomi masyarakat kelautan di NTT.

“Bantuan ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut kegiatan Direktif Presiden tahun 2013 yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Sutarjo dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan Pengembangan Kegiatan Kelautan dan Perikanan kepada pemerintah Provinsi NTT, di Pelabuhan Perikanan Tenau Kupang, Sabtu (11/01/2014).

Ia mengatakan, program yang diluncurkan khusus untuk Provinsi NTT merupakan wujud dari keprihatinan Presiden SBY terhadap kehidupan dan kondisi masyarakat terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi NTT. Adapun tujuan dan manfaat dari program tersebut diantaranya meningkatkan produksi, mutu hasil tangkapan dan produktifitas nelayan dengan menerapkan teknologi penangkapan ramah lingkungan.

“Program ini secara langsung juga meningkatkan pendapatan masyarakat berpenghasilan rendah dan untuk menjamin keberlanjutan usaha penangkapan ikan skala kecil,” ujar Sharif yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPP Partai Golkar.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan diantaranya 13 unit kapal penangkap ikan ukuran 10 GT beserta perlatan penangkapan,  alat pembuatan abon ikan. Bantuan tersebut diberikan kepada 13 kelompok usaha bersama di 8 kabupaten di NTT.  Selain itu ada bantuan Pengembangan Usaha Minat Pedesaan (PUMP) Perikanan Budidaya untuk 15 Kabupaten, Bantuan Sarana Produksi Peningkatan diversifikasi usaha bagi wanita nelayan, untuk 8 kabupaten/kota, dan bantuan sarana pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Dalam acara penyerahan bantuan ini hadir pula Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Setya Novanto. (nyongky)

Baca Juga :  Presiden Akan Bebaskan 5 Tahanan Politik Papua

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button