Home / Sport / Sampah di Kota Ba’a ‘bertamu’ di rumah warga

Sampah di Kota Ba’a ‘bertamu’ di rumah warga

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

 

Moral-politik.com : Persoalan sampah yang kerap terjadi di Kota Ba’a, ibukota Kabupaten Rote Ndao rupanya menjadi penyakit menahun yang terbawa sejak tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.

Sampah-sampah yang bertebaran di Ba’a tak selain bertebaran di ruas jalan juga menyumbat sejumlah saluran drainase di Kota Ba’a. Yang lebih memprihatinkan lagi, pemandangan yang sama juga terjadi pada sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Akibat tak diangkut, sampah-sampah buangan warga pada sejumlah TPS di Kota Ba’a meluap hingga ke badan jalan. Kondisi tersebut setidaknya cukup mengganggu aktivitas warga di sekitar lokasi TPS yang ada di Kota Ba’a.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan, penumpukan sampah di TPS disebabkan karena ulah petugas kebersihan sampah yang tidak mengangkutnya selama beberapa bulan.

Panatauan wartawan pada ruas Jalan Nusa Lontar tepatnya di samping SMP Negeri I Ba’a, Senin (6/1), salah satu TPS di lokasi tersebut dipenuhi sampah dan sebagian besarnya bertebaran hingga ke badan jalan.

Salah seorang tokoh masyarakat Kelurahan Metina, Arkimes Molle yang ditemui wartawan di lokasi tersebut mengaku kecewa dengan kinerja Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Rote Ndao yang terkesan tak serius mengurus masalah sampah di Ba’a.

Menurutnya, penumpukan sampah tersebut cukup mengganggu aktivitas warga bahkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan warga yang bermukim di sekitar lokasi itu.

“Semestinya instansi terkait serius dalam memperhatikan permasalahan itu. Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang telah difasilitasi armada pengangkut sampah semestinya mengerahkan petugas untuk angkut sampah yang menumpuk di TPS bukan dibiarkan berterbangan di badan jalan sampai ke rumah warga,” katanya.

Terhadap persoalan itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Rote Ndao, Max Eduard Lona, SH belum berhasil dikonfirmasi wartawan. (lima)

Baca Juga :  Walikota Kupang rumahkan 20 tenaga PTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button