Home / Populer / SBY : Persiapkan dengan baik Capres populer tapi tak kapabel

SBY : Persiapkan dengan baik Capres populer tapi tak kapabel

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

 

 

Moral-politik.com : “Jika ada tokoh yang amat populer sekarang ini, tetapi kapabilitas yang bersangkutan dinilai belum cukup untuk langsung memimpin negeri ini di tahun 2014 mendatang, tentu harus ada yang dilakukan,” tulis SBY (hal. 471).

Demikian artikel yang ditulis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sebuah sub bab berjudul “Mana Lebih Penting, Capres yang Kapabel atau Populer?” dalam buku terbarunya Selalu Ada Pilihan.

Dalam artikel itu SBY menuangkan pikirannya tentang calon presiden Indonesia selanjutnya. Menurut dia, untuk menjadi seorang presiden dibutuhkan setidaknya dua hal, kapabilitas dan popularitas. Meski begitu, kata dia, sering kali situasi menjadi sangat dilematis. Ada calon yang sangat populer, tetapi kemampuannya dianggap kurang. Begitu pula sebaliknya.

Apa yang harus dilakukan? SBY berpendapat, tokoh yang bersangkutan dan pihak-pihak yang mengusungnya menjadi calon presiden harus mempersiapkannya. “Isi dan tingkatkan wawasan dan kemampuannya,” sarannya (hal. 471).

Melansir Kompas.com, dalam sebuah diskusi di Cikeas pada bulan Agustus 2013, SBY teringat dengan pandangan mantan wartawan yang kini menjadi anggota independen Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Christianto Wibisono.

Christianto, kata SBY, memaparkan pandangannya tentang situasi dunia terkini, termasuk tantangan dan permasalahan yang dihadapi Indonesia.

“Termasuk sejumlah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh presiden Indonesia mendatang. Cukup realistik dan komprehensif,” tuturnya tanpa menyebutkan secara spesifik kriteria yang dimaksud (hal. 470).

Tanpa apriori, pertimbangkan sebijak mungkin pandangan SBY tersebut, sebab mengurus bangsa dan negara tidak hanya cukup dengan popularitas, tapi jauh lebih penting adalah kapabilitas. (erny)

Baca Juga :  Jokowi disebut melakukan pencitraan melalui eksekusi mati

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button