Home / Sejarah / Sekilas sejarah Tana Ngada (3)

Sekilas sejarah Tana Ngada (3)

Bagikan Halaman ini

Share Button

3acara adat untuk persembahan

Moral-politik.com :   Tahun 1998. Mengingat keterbatasan geografis kota Bajawa, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II Ngada dari kota Bajawa (kecamatan Ngadabawa) ke Mbay (kecamatan Aesesa) (lihat: PP 65/1998).

Namun karena beberapa faktor teknis, pemindahan ini belum dapat berjalan sepenuhnya sesuai yang direncanakan, sehingga ibukota Kabupaten Ngada masih de facto tetap berada di kota Bajawa.

Tahun 2006
Proses pemindahan ibukota Kabupaten Ngada yang berkedudukan di Mbay belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan dana dan, selain itu, karena ada rencana pemekaran Kabupaten Ngada yaitu pembentukan Kabupaten Nagekeo, maka dengan PP 35/2006 ibukota Kabupaten Ngada secara yuridis dikembalikan lagi ke kota Bajawa.

Tahun 2007
Sebagai akibat dari pemekaran Kabupaten Ngada dengan pembentukan kabupaten baru, yaitu Kabupaten Nagekeo (UU 2/2007), maka wilayah Kabupaten Ngada otomatis dikurangi wilayah Kabupaten Nagekeo (kecamatan Aesesa, Nangaroro, Boawae, Mauponggo, Wolowae, Keo Tengah dan Aesesa Selatan). (Ale)

habis

Baca Juga :  Mereka ini sayang Olga...(3)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button