Home / Populer / Sinabung telah meletus 77 kali sejak kemarin

Sinabung telah meletus 77 kali sejak kemarin

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

Moral-politik.com : Aktivitas Gunung Sinabung sejak Sabtu (4/1/14) sampai Minggu (5/1/14) pagi ini telah terjadi 77 kali letusan dengan tinggi 500-4.000 m disertai awan panas dengan jarak luncur 1.500-4.500 m ke arah selatan-tenggara. Luncuran awan panas makin meningkat dan semakin jauh. Gempa hybrid sebagai penanda proses pembentukan kubah lava juga semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Moral-politik.com melalui blackberry messengernya.

Sutopo melaporkan bahwa PVMBG Badan Geologi terus melaporkan perkembangan aktivitas Sinabung kepada BNPB, BPBD Sumut dan Pemda Karo. Status gunung Sinabung pun tetap Awas (level IV). Radius bahaya juga masih 5 kilometer sampai 7 kilometer. Desa yang berada di radius itu seperti Pintu Besi dan Desa Jeraya mau tidak mau harus dikosongkan.

Selain itu Sutopo juga menyampaikan mengenai jumlah dan kondisi pengungsi. Terkait jumlah pengungsi Sutopo menyampaikan, hingga Minggu  pukul 06.00 wib jumlah pengungsi sudah sebanyak 20.491 jiwa (6.387 kk) dan tersebar di 32 titik. Diantara para pengungsi tersebut terdapat kelompok rentan yaitu kelompok lansia yang berjumlah 1.200 jiwa, ibu hamil sebanyak 179 jiwa, dan bayi yang berjumlah 606 jiwa. Para pengungsi tersebut berasal dari 25 desa di sekitar gunung Sinabung.

Sementara itu, mengenai keadaan pengungsi khususnya kebutuhan pangan dan logistik lainnya, Sutopo mengatakan bahwa kebutuhan logistik mencukupi hingga 3 hari ke depan.

Melihat kondisi gunung Sinabung yang masih bergejolak, pemerintah pun memperpanjang masa tanggap darurat hingga 18 Januari 2014. (Ganang)

Baca Juga :  Pejabat DKI asyik selfie usai gusur warga, politikus PDIP: cerminan pemimpinnya

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button