Home / Populer / Siti Zuhro : Golkar pimpin Setgab 2014

Siti Zuhro : Golkar pimpin Setgab 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

17

 

 

Moral-politik.com : Bubarnya Sekretariat Gabungan (Setgab) jauh-jauh hari sebelum Pemilu Legislatif (Pileg dan Pilpres-Pilwapres melahirkan analisis baru.

Itu bisa diterima sebab kerapuhan suatu sekutu di samping untuk merebut pucuk kekuasaan, juga dalam rangka menampik atau cuci tangan dalam persoalan-persoalan besar yang dapat merugikan partai politik.

Fenemena aktual itu dinilai oleh Peneliti Bidang Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, bahwa bubarnya Sekertariat Gabungan (Setgab) koalisi partai pendukung pemerintah menjelang Pemilihan Umum 2014, sudah dapat terbaca sejak lama.

Ditemui usai konfrensi pers hasil survei nasional Indo Barometer “Efek Jokowi dan Kinerja Parpol Tiga Bulan Jelang Pemilihan Legislatif,” lansir Tribunnews.com, di Hotel Harris Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (09/01/2013), Siti Zuhro menilai kedepannya ia memproyeksikan akan ada koalisi baru dengan partai politik yang menduduki tiga besar sebagai pemimpinnya.

“Kayaknya memang akan ada perubahan-perubahan siapa yang akan memimpin kedepan. Kalau 2014 kita akan menyaksikan dua partai besar, Golkar dan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), nanti koalisinya bisa jadi Golkar yang memimpin,” ujarnya.

Siti Zuhro menilai Partai Politik perlu membangun koalisi dengan landasan yang lebih terukur, yang lebih berorientasi jangka panjang jika partai berharap koalisi tersebut bisa awet. Dasar-dasar itu bisa merupakan kesamaan ideologi hingga kesamaan visi-misi.

Ia mencontohkan koalisi ideal itu seperti yang dilakukan PDIP dan Partai NasDem, yang menurut Siti Zuhro memang memiliki kesamaan dasar pemikiran.

“Dalam politik praktis, kita tidak perlu terkungkung dalam pembedaan aliran-aliran. Ideologi bukan ideologi agama ya, itu nilai-nilai yang dianut partai,” terangnya.

Golkar atau PDIP, kita lihat mana yang lebih banya dizolimi maka dia ada di hati masyarakat. (erny)

Baca Juga :  Ketua Pokja PNPM Mandiri Gelorakan Semangat Anti Korupsi Kepada Masyarakat

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button