Home / Sport / Situasi Kampung Sabu kembali kondusif

Situasi Kampung Sabu kembali kondusif

Bagikan Halaman ini

Share Button

13ilustrasi

 

Moral-politik.com : Situasi di Kampung Sabu, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten TTS yang sebelumnya sempat memanas kian berangsur-angsur pulih. Warga sudah melaksanakan aktifitasnya seperti biasa, dan tidak terlihat lagi warga yang berjaga-jaga pada titik-titik yang dianggap sebagai pintu bagi kelompok penyerang seperti yang diisukan sebelumnya.

Hal ini disampaikan Kapolres TTS, AKBP. Agus Hermawan. SIK menanggapi pertanyaan wartawan soal kondisi terkini Kampung Sabu Kecamatan Kota Soe, dimana dua hari sebelumnya sempat memanas.

Menurut Hermawan, berdasarkan pantauan polisi  kondisi terkini Kampung Sabu sudah aman, tidak ada lagi konsentrasi massa pada titik tertentu. Masyarakat sudah kembali melaksanalkan aktifitasnya seperti biasa.

“Kondisi kampung Sabu sudah aman, tidak ada lagi konsentrasi massa pada titik-titik tertentu, sudah aman,” kata Hermawan di TTS, Selasa (28/1/2014).

Terkait  Isu yang beredar via SMS tentang dua pemuda asal  TTS yang ditikam di Naibonat, Kapolres Agus Hermawan mengatakan bahwa isu tersebut tidak benar. Karena berdasarkan koordinasi dengan Kapolres Baubau (Kabupaten Kupang) diperoleh jawaban pasti bahwa isu tersebut tidak benar.

“Isu tersebut tidak benar, kita sudah koordinasi dengan Kapolres dan jawabannya bahwa isu itu tidak benar” jelas Hermawan.

Sementara terkait isu adanya upaya ‘cegat’ yang dilakukan kelompok tertentu di Tuapukan wilayah hukum Polres Kupang, Kapolres TTS menjelaskan, isu tidak benar. Dia berharap, warga tidak terprovokasi dengan isu tersebut dan diharapkan agar kembali melakukan aktifitas seperti biasa.

Sementara  Danramil Mollo Barat, Ike Arkian yang berdomisili di Kampung Sabu mengharapkan agar Polisi, TNI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dari kedua belah pihak, untuk melakukan pendekatan secara persuasif dan duduk bersama untuk menyelesaikan masalah tersebut agar tidak berkepanjangan.

Baca Juga :  157 Siswa SD dan SMP di Palue Ikut Mengungsi

Untuk diketahui, suasana keamanan dan ketertiban di wilayah Kampung Sabu, Kecamatan Kota Soe sejak Jumat (24/1/2014)  malam, hingga Sabtu (25/1/2014) cukup mencekam. Beberapa warga setempat bersiaga di sejumlah sudut kampung sambil mempersenjatai diri dengan batu, parang, panah, potongan kayu, potongan pipa besi, tombak, senapan angin dan benda lainnya.

Warga luar yang melintasi jalan masuk ke lingkungan kampung di belakang RSUD Soe tersebut pun tak luput  dari rasia.

Sejumlah aparat kepolisian juga terlihat bersiaga di sejumlah titik dalam lingkungan kampung tersebut. Sementara mobil Dalmas Polres TTS bermuatan aparat polisi melakukan patrol dalam lingkungan kampung tersebut.

Aksi tersebut dilakukan menyusul adanya informasi yang diperoleh warga setempat bahwa akan ada penyerbuan kelompok massa dari luar Kampung Sabu pasca keributan antarpemuda yang terjadi Jumat (24/1/2014). (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button