Home / Populer / Survei terbaru : Prabowo Capres terkuat, jika Jokowi tak “Nyapres”

Survei terbaru : Prabowo Capres terkuat, jika Jokowi tak “Nyapres”

Bagikan Halaman ini

Share Button

18

 

 

Moral-politik.com : Ini hasil survei versi yang lain lagi. Jika hasil survei kemarin menyatakan jika Jokowi tak Nyapres maka Ical menang, kali ini surveinya jika Jokowi enggak nyapres maka Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut menjadi kandidat terkuat calon presiden pada Pemilu 2014.

“Jika Jokowi tidak maju sebagai capres, maka Prabowo berpeluang memimpin perolehan suara baru,” kata Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute Hanta Yuda saat diskusi Menakar Peta Politik 2014: Pengaruh Figur Terhadap Konfigurasi Politik 2014 di Jakarta, Minggu (26/1/2014).

Dalam hasil survei tersebut, lansir Kompas.com, jika Jokowi tak maju sebagai capres, maka elektabilitas di bawah Prabowo adalah Megawati Soekarnoputri (15,26 persen), Aburizal Bakrie (13 persen), dan Wiranto (11 persen). Adapun untuk kandidat capres lainnya, elektabilitas mereka di bawah 10 persen.

“Namun, semua kemungkinan bisa terjadi dalam skema kompetisi politik karena ada 57 persen pilihan publik masih berubah,” ujarnya.

Sebaliknya, jika Jokowi maju sebagai capres, maka hasilnya sama seperti hasil lembaga survei lain, yakni elektabilitas Jokowi teratas. Hasil survei Pol-Tracking Institute menunjukkan, elektabilitas mantan Wali Kota Surakarta itu mencapai 37 persen. Posisi selanjutnya ditempati Prabowo (10,3 persen), Aburizal Bakrie 5,9 persen, dan Wiranto 5,42 persen.

Survei tersebut dilaksanakan pada 16-23 Desember 2013 terhadap 1.200 responden di 33 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multi stage random sampling dengan margin of error ± 2,83 persen. (erny)

Baca Juga :  Jokowi tak datang di KPK, hanya Aher dan Rano

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button